BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Jorge Lorenzo: Alex Marquez Terbukti Layak Bela Repsol Honda

19-10-2020 12:15 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez (c) AP Photo Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez (c) AP Photo

Bola.net - Meski Alex Marquez banjir kritikan dan cemoohan dari banyak orang karena diminta membela Repsol Honda di MotoGP 2020, Jorge Lorenzo selalu konsisten pada pendapatnya bahwa rider 24 tahun itu sudah punya berbagai bukti bahwa ia memang layak menjadi penggantinya.

Lorenzo, yang selama ini selalu memberikan pembelaan kepada Marquez soal keputusan Honda menggaetnya, sekali lagi menunjukkan rasa kagumnya usai rider Spanyol itu sukses merebut podium perdananya dalam kondisi kering usai finis kedua di MotorLand Aragon pada Minggu (18/10/2020).

Seperti diketahui, Marquez mendadak naik ke MotoGP bersama Repsol Honda usai Lorenzo memutuskan pensiun pada menit-menit terakhir musim 2019. Banyak pihak mengkritik Honda, menuduh mereka memilih Marquez hanya karena ia adik kandung dari Marc Marquez.

1 dari 3 halaman

Terkagum-kagum Nonton Aksi Alex Marquez

Jorge Lorenzo saat masih membela Repsol Honda di MotoGP 2019. (c) HRC Jorge Lorenzo saat masih membela Repsol Honda di MotoGP 2019. (c) HRC

Sejak mendengar kritikan itu, Lorenzo selalu memberikan dukungan moral kepada Marquez, menyebutnya layak dapat tempat di Repsol Honda karena terbukti kompetitif di semua kelas yang ia geluti, dan bahkan mengantongi dua gelar dunia, terlepas dari fakta bahwa ia adalah adik Marc Marquez.

Lorenzo, meski kini telah kembali ke Yamaha dan menjabat sebagai test rider, ikut merasa bahagia usai melihat Marquez tampil sangat gemilang di Aragon, di mana ia start dari posisi 11, namun mampu finis kedua dan bahkan mengancam Alex Rins dalam memperebutkan kemenangan.

Usai balap, Lorenzo pun mengucapkan selamat kepada Marquez lewat Twitter. "Saat melihat @alexmarquez73 di posisi tujuh besar pada lap-lap awal, aku terkejut. Tapi saat melihatnya di posisi kedua dan memperebutkan kemenangan, aku sulit percaya. Semuanya memungkinkan di @motogp! Selamat, Alex, kau telah membuktikan bahwa kau memang layak membela @HRC_MotoGP," tulisnya.

2 dari 3 halaman

Lebihi Prestasi Jorge Lorenzo di Repsol Honda

Dengan hasil ini, Marquez pun telah resmi meraih hasil lebih baik dari Lorenzo di Repsol Honda tahun lalu. Saat masih berseragam oranye, hasil terbaik Lorenzo hanyalah finis ke-11 di Le Mans, Prancis, sebelum ia mengalami cedera punggung berkepanjangan akibat kecelakaan hebat di Assen, Belanda.

Meski begitu, seperti Lorenzo, Marquez hanya akan membela Repsol Honda selama semusim. Tahun depan, El Pistolas dipastikan bakal pindah ke LCR Honda, menggantikan Cal Crutchlow dan demi memberi jalan kepada Pol Espargaro.

Saat ini, Marquez pun duduk di peringkat 12 pada klasemen pembalap dengan koleksi 67 poin, jumlah poin yang sama dengan debutan lainnya, Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing), di peringkat 11. Dengan empat balapan tersisa, keduanya dipastikan bakal sengit memperebutkan gelar debutan terbaik.

Sumber: Twitter

3 dari 3 halaman

Video: Alex Rins Menangi MotoGP Aragon 2020

KOMENTAR