BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Jonathan Rea 'Syok' Toprak Razgatlioglu Ngaku Takkan Suka Motor MotoGP

28-09-2021 10:51 | Anindhya Danartikanya

Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea (c) Yamaha Racing
Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea (c) Yamaha Racing

Bola.net - Rider Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea, secara menghebohkan 'membocorkan' rencana uji coba MotoGP yang akan dilakoni rider Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu. 'Bocoran' itu dirilis dalam vlog Rea di YouTube pada Rabu (22/9/2021). Rekaman tersebut diambil dari pekan balap WorldSBK Catalunya, Spanyol, 17-19 September.

Razgatlioglu memang secara kontroversial menolak tawaran Yamaha Motor Racing (YMR) untuk bergabung dengan tim satelit mereka di MotoGP 2022. Rider asal Turki ini malah memperpanjang kontrak berdurasi dua tahun dengan Yamaha Motor Europe (YME) untuk berlaga di WorldSBK sampai 2023.

Uniknya, tak lama setelah pengumuman kontrak barunya diumumkan, Razgatlioglu menghadiri MotoGP Austria di Red Bull Ring pada Agustus lalu. Ia bertemu dengan Managing Director YMR, Lin Jarvis. Keduanya tak menjelaskan detail soal topik yang mereka bicarakan, hanya mengaku pertemuan itu digelar untuk mendiskusikan masa depan Razgatlioglu di MotoGP.

1 dari 3 halaman

Obrolan Santai Usai Ketegangan di Magny-Cours

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Razgatlioglu memang kerap mengaku tak terlalu tertarik pindah ke MotoGP. Ia menyatakan lebih suka persaingan di WorldSBK, yang meski sengit di dalam lintasan, juga punya atmosfer yang ramah di luar lintasan. Selain itu, ia juga ingin jadi rider Turki berikutnya yang mendominasi paddock superbike, jadi penerus mentornya sendiri yang juga enam kali juara WorldSSP, Kenan Sofuoglu.

Dalam vlog-nya, Rea terlihat mengobrol santai dengan Razgatlioglu dan reporter Eurosport, Charlie Hiscott, di paddock Catalunya, sesaat sebelum pekan balap dimulai. Rea pun menanyakan kans pembalap berusia 24 tahun tersebut dalam menjalani uji coba MotoGP bersama Yamaha tahun ini.

Uniknya, obrolan mereka ini terjadi usai ketegangan antara Kawasaki dan Yamaha di Magny-Cours, Prancis, dua pekan sebelumnya. Kala itu, Kawasaki meminta FIM Stewards menjatuhkan hukuman mundur satu posisi kepada Razgatlioglu usai ia kedapatan menyentuh zona hijau sebelum melewati garis finis di posisi pertama dalam Superpole Race.

2 dari 3 halaman

Percakapan Jonathan Rea dan Toprak Razgatlioglu

Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea (c) Kawasaki Racing Team
Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea (c) Kawasaki Racing Team

"Jadi, kau akan menjalani uji coba (MotoGP)?" tanya Rea.

"Ya, tahun ini," jawab Razgatlioglu, yang sudah berteman baik dengan Rea sejak masih membela Kawasaki.

"Bagus!"

"Ya, ini bagus," Razgatlioglu mengiyakan. "Mengapa? Karena aku ingin cek, mungkin saja aku takkan menyukainya."

"Tidak! Tak mungkin! Sialan, kau pasti akan menyukainya!" tutur Rea yang terlihat kaget. Ia sendiri diketahui pernah membela Repsol Honda di MotoGP Aragon dan Misano 2012, saat diminta menggantikan Casey Stoner yang cedera engkel. Kala itu, Rea berhasil finis di delapan besar dalam kedua balapan.

"Kita semua tahu kau menyukainya. Tapi mungkin saja aku takkan suka. Lihat dia," ujar Razgatlioglu sembari menunjuk Hiscott. "Dia selalu bertanya padaku mengapa aku tak pindah ke MotoGP."

"Tentu saja. Aku juga mengalaminya. Aku selalu ingin pindah ke MotoGP, tapi tak pernah dapat kesempatan. Jika kau dapat kesempatan itu, maka kau harus pergi ke sana! Percayalah padaku. Pasalnya, dalam sekejap kau akan berusia 30 tahun dan tak ada yang menginginkanmu lagi," tutur Rea memberikan nasihat.

3 dari 3 halaman

Jonathan Rea Berkali-kali Coba Tembus MotoGP

Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki
Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki

Rea memang berkali-kali berusaha mendekati tim-tim MotoGP. Ia dan manajernya, Chuck Aksland, beberapa kali terlihat menghadiri pekan balap MotoGP. Ia diketahui nyaris bergabung dengan Suzuki, yang akhirnya memilih Andrea Iannone pada 2017. Ia juga nyaris bergabung dengan Pramac Racing, yang akhirnya memilih Jack Miller pada 2018.

Rea juga sempat digosipkan bakal membela Petronas Yamaha SRT di MotoGP 2022, namun gosip ini dibantah kedua belah pihak. Pasalnya, Rea akan menginjak usia 35 tahun pada 2022, dan ia juga masih punya kontrak 'multi-tahunan' dengan Kawasaki untuk berlaga di WorldSBK.

Di lain sisi, Project Manajer Yamaha WorldSBK, Andrea Dosoli, tak mengonfirmasi adanya rencana uji coba MotoGP untuk Razgatlioglu. Namun, ia yakin ridernya itu bisa tampil kuat. "Rider bertalenta bisa beradaptasi pada tipe mesin apa pun. Rider bertalenta tahu cara mengeluarkan potensi terbesar motornya, tak peduli kategorinya," ujar Dosoli via Motorsport-Total, Jumat (24/9/2021).

Sumber: YouTube/Jonathan Rea, Motorsport Total

KOMENTAR