BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Jonathan Rea: Say No to MotoGP, Saya Bertahan di WorldSBK

30-07-2021 09:11 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki
Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki

Bola.net - Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea, menegaskan dirinya akan bertahan di WorldSBK 2022 dan membantah melakukan negosiasi dengan Petronas Yamaha SRT untuk turun di MotoGP tahun depan. Hal ini ia sampaikan kepada Speedweek pada Kamis (29/7/2021).

Sebulan terakhir, nama Rea memang dikait-kaitkan dengan Petronas SRT, mengingat tim Malaysia ini bisa ditinggal dua ridernya. Franco Morbidelli kini jadi kandidat terkuat pengganti Maverick Vinales di Monster Energy Yamaha, sementara Valentino Rossi sudah memberikan sinyal kuat untuk pensiun.

Rumor tersebut muncul pada Rabu (7/7/2021), usai Sky Sport Italia melansir rumor bahwa Rea melakukan negosiasi dengan Petronas SRT, disusul oleh sang direktur tim, Johan Stigefelt, yang mengaku kepada MCN bahwa, "Pembalap seperti Rea bisa sangat menarik."

1 dari 3 halaman

Ada Dalam Daftar Incaran Petronas SRT

Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki
Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki

Via WorldSBK.com di Assen, Belanda, Sabtu (24/7/2021), Rea juga sempat menyebut selalu ada kans ke MotoGP. "Kesempatan itu selalu ada dan itu selalu ada di pikiran saya. Saya merasa sedang berkendara dengan performa terbaik saya, dan saya benar-benar merasa pada puncak keseimbangan hidup. Jadi, Anda tahu, jangan pernah katakan tidak," ujarnya.

Juga lewat MCN pada Selasa (27/7/2021), Team Principal Petronas SRT, Razlan Razali, membenarkan bahwa Rea memang ada dalam daftar incaran timnya bersama Toprak Razgatlioglu dan Garrett Gerloff. Namun, faktor yang memberatkannya memilih Rea adalah fakta bahwa enam kali juara dunia itu sudah menginjak usia 34 tahun.

"Kami membuat daftar siapa saja kemungkinan kandidat yang ada di luar MotoGP, dan nama Jonathan ada di sana bersama nama Toprak dan Garrett. Namun, sayangnya usia jadi penghalangnya, sementara kami sangat ingin fokus pada para pembalap muda," ungkap Razali.

2 dari 3 halaman

Punya Kontrak Multi-tahunan dengan Kawasaki

Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki
Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki

Namun, lewat Speedweek, Kamis (29/7/2021), Rea pun mengklarifikasi soal pernyataannya. Ia menyatakan bahwa ia memang tak menutup segala kemungkinan, namun tak berarti dirinya memang akan pindah ke MotoGP bersama Petronas Yamaha SRT, meski mengakui bahwa kesempatan itu bakal ia sambut dengan baik.

Bapak dua anak ini menegaskan bahwa ia akan bertahan di WorldSBK pada 2022, dan mengingatkan semua pihak bahwa ia telah menandatangani kontrak 'multi-tahunan' bersama Kawasaki Racing Team pada pertengahan 2020.

"Saya bilang 'jangan pernah katakan tidak' soal MotoGP, tapi maksud saya secara umum, tak ada relasinya dengan Petronas. Tentu ini bisa jadi kabar baik, semua dimulai dari Johan yang bilang saya bisa cocok untuk mereka. Namun, tentu saya bertahan di WorldSBK. Saya punya kontrak multi-tahunan dengan Kawasaki Racing Team," ungkapnya.

Sumber: Speedweek

3 dari 3 halaman

Video: Ketika Valentino Rossi dan Lewis Hamilton Tukar Kendaraan Balap

KOMENTAR