BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Jokowi Tinjau Kelayakan Mandalika Sambut MotoGP: Insya Allah Semua Siap

14-01-2022 10:45 | Anindhya Danartikanya

Presiden RI, Joko Widodo, dan Menteri BUMN, Erick Thohir, saat mengunjungi Mandalika, Lombok Tengah, Kamis (13/1/2022). (c) Istimewa
Presiden RI, Joko Widodo, dan Menteri BUMN, Erick Thohir, saat mengunjungi Mandalika, Lombok Tengah, Kamis (13/1/2022). (c) Istimewa

Bola.net - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kembali melakukan kunjungan ke Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, untuk meninjau kelayakan Mandalika dalam menyambut uji coba pramusim dan pekan balap MotoGP Indonesia yang sebentar lagi digelar. Kunjungan ini pun dilakukan Jokowi pada Kamis (13/1/2022).

Para rider MotoGP akan kembali mengaspal dalam uji coba pramusim di Sepang, Malaysia, pada 5-6 Februari, dan kemudian bertolak ke Sirkuit Mandalika untuk melakukan sesi serupa pada 11-13 Februari. Mereka kemudian akan kembali ke Mandalika untuk menjalani pekan balap, yang digelar pada 18-20 Maret mendatang.

Sirkuit Mandalika sendiri sudah menjamu WorldSBK terlebih dahulu pada 19-21 November 2021 lalu, dan fasilitas treknya pun dapat pujian dari para peserta. MotoGP, yakni ajang balap motor yang lebih bergengsi, akan dapat giliran untuk berkunjung, sehingga kelayakan dan persiapan sirkuit digenjot lebih jauh lagi.

1 dari 2 halaman

Tinjau Segala Perbaikan di Area Mandalika

WorldSBK Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika. (c) AP PhotoWorldSBK Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika. (c) AP Photo

Dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi mengaku sudah meninjau segala persiapan menyambut kedatangan para peserta MotoGP. Beberapa hal di antaranya sarana transportasi dari bandara menuju area Mandalika, serta protokol kesehatan yang termasuk pemeriksaan hasil tes PCR dan bukti vaksinasi.

"Kita datang ke sini dalam rangka melihat perbaikan-perbaikan yang disiapkan untuk MotoGP pada bulan Maret, yang berkaitan dengan kedatangan di airport, mulai dari masuknya seperti apa, sudah PCR atau belum, sudah vaksinasi atau belum, kemudian simulasi untuk loading dan unloading seperti apa," tutur Jokowi.

Pria berusia 60 tahun ini juga mengaku puas atas penataan wilayah Mandalika dari area bandara menuju sirkuit yang telah dipercantik, dengan harapan peserta MotoGP dan penonton yang datang bakal terkesan. Ia menambahkan bahwa bukit-bukit sekitar sudah kembali diasrikan.

2 dari 2 halaman

Sudah Temui Organisasi Pengurus MotoGP Mandalika

Presiden RI, Joko Widodo, saat mengunjungi Mandalika, Lombok Tengah, Kamis (13/1/2022). (c) Istimewa
Presiden RI, Joko Widodo, saat mengunjungi Mandalika, Lombok Tengah, Kamis (13/1/2022). (c) Istimewa

"Yang kedua, berkaitan dengan penataan landscape, dari bandara menuju ke Mandalika. Sudah mulai dipercantik dengan bunga-bunga, bukit-bukit tertentu juga dihijaukan kembali, sehingga saat tamu-tamu datang dari airport ke Mandalika, semua terlihat cantik dan lebih indah," ungkap Jokowi.

Jokowi juga menyatakan dirinya sempat mengunjungi Sirkuit Mandalika. Ia mengaku telah bertemu dengan panitia MotoGP Indonesia, memeriksa kualitas akomodasi yang nanti disajikan kepada peserta dan penonton. Ia pun puas dan meyakini semuanya telah dipersiapkan dengan matang.

"Yang ketiga, saya juga mengecek sirkuit, terutama soal kesiapan organisasi dalam menghadapi MotoGP, kesulitan apa yang dihadapi, akomodasinya seperti apa, persiapan transportasi, hotel, dan pesawat seperti apa. Semuanya kami cek satu persatu. Insya Allah semuanya dalam kondisi siap," pungkasnya.

Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden

KOMENTAR