John McGuinness: Marc Marquez Harus Dinasihati Agar Tak Sering Kecelakaan Parah

Anindhya Danartikanya | 28 Maret 2022, 13:05
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Legenda Tourist Trophy (TT), John McGuinness, yakin seharusnya ada pihak-pihak terpercaya yang bisa menasihati Marc Marquez agar tak sering-sering mengalami kecelakaan di MotoGP. Kepada MCN, seperti yang dikutip oleh GPOne, Sabtu (26/3/2022), McGuinness mengaku cemas melihat kondisi Marquez saat ini.

Marquez meraih delapan gelar dan banyak kemenangan di ajang Grand Prix. Namun, ia juga dikenal sebagai rider yang kerap kecelakaan, dan tak jarang insidennya terjadi dengan momen-momen besar. Angka kecelakaannya sempat turun pada 2018, tapi sejak akhir 2019, ia kembali sering kecelakaan besar dan cedera parah.

Marquez sempat jatuh di Malaysia 2019 dan mengalami dislokasi parsial bahu kanan, yang diperparah dengan kecelakaan besar dalam tes Jerez sebulan kemudian. Pada pertengahan 2020, ia jatuh lagi di Jerez, yang membuatnya absen semusim akibat patah tulang lengan atas kanan. Ia pun baru kembali balapan pada awal 2021.

Belum juga lengannya pulih total, Marquez mengalami diplopia alias penglihatan ganda mata kanan usai gegar otak akibat kecelakaan dalam sesi latihan enduro di Lleida pada akhir Oktober 2021. Usai dilarang berkendara tiga bulan, matanya pun pulih total sehingga bisa memulai musim 2022 dengan kondisi fisik lebih bugar.

1 dari 2 halaman

Yakin Ada yang Tidak Beres pada Marc Marquez

Legenda Isle of Man TT, John McGuinness (c) WikipediaLegenda Isle of Man TT, John McGuinness (c) Wikipedia

Sayangnya, dalam pekan balap di Mandalika pada 18-20 Maret lalu, Marquez mengalami empat kecelakaan besar. Salah satunya terjadi di sesi pemanasan Minggu pagi sebelum balapan. Ia kembali gegar otak, dan harus absen balapan. Saat tiba di Spanyol, dokter matanya menyatakan ia kembali mengalami diplopia.

"Jangan lupakan segala hal yang sudah Marc raih, berapa gelar yang ia menangkan. Tapi seseorang harus menjaga Marc, karena ada yang tak beres. Apa karena kecelakaan-kecelakaan sebelumnya? Penglihatannya? Konsentrasinya? Kita tidak tahu, namun lima (empat) kecelakaan tak bisa diterima. Marc lebih baik dari itu," tutur McGuinness.

Pembalap yang 23 kali memenangi Isle of Man TT ini pun mengaku sangat cemas saat melihat Marquez linglung usai kecelakaan parah di Mandalika. McGuinness bahkan mengaku takut jika Marquez sampai-sampai terpaksa pensiun dini karena kerap mengalami kecelakaan parah dan mencederai kepalanya.

2 dari 2 halaman

Sarankan Marquez Renungkan Cara Berkendara

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

"Usai kecelakaan dalam sesi pemanasan, ia seperti orang yang sudah kapok. Saya benci jika harus melihatnya meninggalkan olahraga ini akibat kelewat banyak benturan di kepala. Seseorang harus mengatakan sesuatu padanya, pasalnya saat ini seolah-olah ia harus mencari solusi sendirian," ungkap pembalap asal Inggris ini.

McGuinness yakin, Marquez harus merenungkan caranya berkendara. Menurutnya, Marquez tak perlu agresif dan kelewat ngotot, meski metode ini membantunya meraih delapan gelar. "Marc berkendara kelewat batas setiap waktu. Strategi itu bermanfaat baginya pada masa lalu, namun tak lagi untuk masa kini," tuturnya.

"Marc mengalami empat kecelakaan akhir pekan lalu, dan salah satunya sangat serius. Tak peduli seberapa tinggi level Anda, sekalipun Anda pembalap amatir atau juara dunia MotoGP, Anda harus bertanya-tanya ketika hal macam itu terjadi lagi," pungkas McGuinness.

Sumber: MCN, GPOne

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR