BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Johann Zarco Resmi Dijatuhi Hukuman Start dari Pitlane di MotoGP Styria

21-08-2020 16:17 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Esponsorama Racing, Johann Zarco (c) Esponsorama Racing Pembalap Esponsorama Racing, Johann Zarco (c) Esponsorama Racing

Bola.net - FIM MotoGP Stewards resmi mengumumkan penjatuhan hukuman berupa start balapan dari pitlane untuk rider Esponsorama Racing, Johann Zarco, akibat kecelakaan hebat yang ia alami bersama Franco Morbidelli di Red Bull Ring dalam MotoGP Austria, Minggu (16/8/2020) lalu.

Pada Lap 9 dalam balapan itu, Morbidelli dan Zarco tengah memperebutkan posisi 8, namun keduanya bertabrakan di Tikungan 2. Keduanya terjatuh keras ke tanah, dan motor mereka hancur lebur, hingga balapan harus dihentikan sementara. Akibat kecelakaan ini, Zarco mengalami retak tulang scaphoid pada pergelangan tangan kanan.

Namun, pemandangan paling mengerikan adalah ketika motor YZR-M1 milik Morbidelli dan motor Desmosedici GP19 milik Zarco yang hancur nyaris mengenai Maverock Vinales dan Valentino Rossi, yang kala itu berada di depan mereka dan tengah membelok ke Tikungan 3 yang tajam dan menanjak ke kanan.

1 dari 3 halaman

Absen dari FP1 dan FP2

Pembalap Esponsorama Racing, Johann Zarco (c) Twitter/Reale Avintia Pembalap Esponsorama Racing, Johann Zarco (c) Twitter/Reale Avintia

Zarco telah menjalani operasi scaphoid di Modena, Italia, pada Rabu (19/8/2020), dan kembali ke Red Bull Ring pada Kamis (20/8/2020) untuk menjalani tes medis dan sidang dengan FIM MotoGP Stewards demi menjelaskan sudut pandangnya soal insiden dengan Morbidelli.

Zarco dinyatakan tak cukup bugar karena menurut regulasi medis MotoGP, seorang rider cedera baru boleh menjalani tes medis 48 jam setelah operasi. Meski memutuskan absen dari sesi FP1 dan FP2, ia tetap bertekad turun di MotoGP Styria di trek yang sama akhir pekan ini dan akan kembali menjalani tes medis pada Sabtu (22/8/2020).

Pada akhir sesi FP1 pada Jumat (21/8/2020), FIM MotoGP Stewards menghukum Zarco dengan start dari pitlane pada balapan selanjutnya. Berikut pernyataan FIM MotoGP Stewards lewat MotoGP.com.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi FIM MotoGP Stewards

"Usai insiden dalam balapan MotoGP di GP Austria melibatkan Johann Zarco (Esponsorama Racing) dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) yang menyebabkan bendera merah, FIM MotoGP Stewards Panel menggelar sidang pada Kamis, 20 Agustus, dengan kedua rider yang terlibat.

"Setelah evaluasi, dinyatakan adanya bukti cara berkendara yang tak bertanggung jawab dari Johann Zarco, yang menghasilkan sebuah penalti. Rider Prancis ini akan menjalani start balapan MotoGP selanjutnya dari pitlane."

Jika dinyatakan bugar untuk balapan, maka Zarco akan start dari pitlane di MotoGP Styria. Tapi jika dinyatakan tak bugar dan harus absen, ia harus menjalankan hukuman ini di MotoGP San Marino, yang digelar di Sirkuit Misano pada 13 September.

3 dari 3 halaman

Video: Kegembiraan Brad Binder Usai Menangi MotoGP Ceko

KOMENTAR