BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Johann Zarco Bersedia ke WorldSBK Usai 'Tugas' di MotoGP Selesai

27-01-2021 14:52 | Anindhya Danartikanya

Johann Zarco (c) MotoGP.com Johann Zarco (c) MotoGP.com

Bola.net - Pembalap baru Pramac Racing, Johann Zarco, tak keberatan jika suatu saat nanti turun di WorldSBK. Namun, ia menegaskan bahwa hanya akan pindah ke kejuaraan balap motor produksi massal itu jika tugasnya di MotoGP sudah mentok. Hal ini ia nyatakan kepada Motosprint, seperti yang dikutip Speedweek, Senin (25/1/2021).

Zarco yang merupakan juara dunia Moto2 2015 dan 2016, memang sempat digosipkan pindah dari MotoGP ke WorldSBK pada akhir 2019 lalu, yakni saat ia memutuskan hengkang dari Red Bull KTM Factory Racing setahun lebih awal. Kala itu nasibnya terkatung-katung, dan dapat tawaran dari dua tim untuk turun di WorldSBK.

Kedua tim itu adalah Aruba.it Racing Ducati, yang menawarkan tempat sebagai pengganti Chaz Davies. Zarco juga didekati Puccetti Kawasaki, sebagai pengganti Toprak Razgatlioglu yang pindah ke Yamaha. Namun, akhirnya Zarco menerima tawaran Ducati Corse untuk tetap balapan di MotoGP bersama Esponsorama Racing.

1 dari 3 halaman

Penasaran Hadapi 3 Balapan Sekaligus di WorldSBK

"Ya, tadinya memang ada kesempatan nyata bagi saya untuk pindah ke WorldSBK. Akhirnya tak terjadi, namun saya bisa bayangkan masa depan saya turun di kejuaraan semacam itu. Pekan balap dengan tiga balapan jelas tiga kali lebih menyenangkan! Secara fisik, saya sih siap," ujar Zarco.

Sejak bernaung di bawah bendera Ducati, Zarco pun mendapatkan motor superbike Ducati Panigale V4S untuk latihan di luar pekan balap MotoGP. Uniknya, motor itu juga dipakai sebagai pondasi motor Ducati di WorldSBK. Dalam uji coba pramusim WorldSBK di Jerez, Spanyol, pada 20-21 Januari lalu, ia ikut turun lintasan untuk latihan.

Sayangnya, Zarco tak bisa membandingkan diri dengan para rider Ducati lainnya karena para rider WorldSBK memilih tetap di garasi akibat hujan. "Menyenangkan bisa kembali naik motor usai rehat selama musim dingin dan kembali latihan. Jelas cuacanya buruk, namun saya tetap bisa menjalani beberapa lap," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Kini Bela Pramac Racing, Johann Zarco Terinspirasi Jack Miller

Soal target di MotoGP 2021, Zarco tak mau membidik hasil muluk. Namun lewat MotoGP.com, ia juga tak memungkiri bahwa dirinya 'terinspirasi' oleh Jack Miller, yang selama 2019 dan 2020 sukses meraih sembilan podium bersama Pramac dan bahkan beberapa kali mengancam perebutan kemenangan di papan atas.

"Tahun lalu saya banyak belajar di Ducati dan bisa tampil baik, tapi kurang konsisten. Melihat cara Jack mengakhiri musim lalu dengan Pramac, yakni dengan memperebutkan podium dan kemenangan, saya ingin melakukan hal yang sama. Saya harus lihat performa saya di atas motor baru dan jika bisa meraih podium, saya bakal senang. Saya juga ingin lebih konsisten meraih hasil baik," ujarnya.

Zarco akan pertama kali berjumpa dengan motor Desmosedici GP20 miliknya dalam uji coba pramusim MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar, pada 6-7 dan 10-12 Maret, yang dilanjutkan dengan dua pekan balap beruntun di trek yang sama pada 24-26 Maret dan 2-24 April.

Sumber: Motosprint, Speedweek, MotoGP

3 dari 3 halaman

Video: Dimas Ekky Ingin Mandalika Racing Team Jadi Batu Loncatan Rider Indonesia

KOMENTAR