BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Joan Mir: Sering Bikin Bingung, Marc Marquez Ini Alien atau Manusia Sih?

04-05-2021 16:28 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Racing Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Racing

Bola.net - Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, mengaku sama sekali tak pernah meragukan talenta dan kemampuan Marc Marquez, meski rider Repsol Honda itu belum naik podium dan menang lagi sejak kembali berlaga di MotoGP usai sembilan bulan bergelut dengan cedera patah tulang humerus pada lengan kanannya.

Marquez memang diketahui kembali berkompetisi di Seri Portimao, Portugal, pada pertengahan April lalu, di mana ia finis di posisi ketujuh setelah susah payah menahan rasa sakit karena cederanya belum pulih benar. Dalam Seri Jerez, Spanyol, ia lebih kesulitan, namun akhirnya mampu finis di posisi kesembilan.

Meski masih belum 100% bugar, Marquez masih mampu menembus posisi 10 besar. Hal ini pun diyakini Mir tanda bahwa sang delapan kali juara dunia belum 'habis', dan pasti bisa kembali kuat ketika fisiknya sudah benar-benar pulih seperti sediakala, walau memaklumi bahwa beberapa balapan pertama musim ini bakal berjalan berat.

1 dari 3 halaman

Marc Marquez Ternyata Juga Manusia

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

"Saya selalu memperhitungkan Marc. Situasi yang ia jalani sekarang memang sulit. Usai menyapu bersih kesuksesan pada 2019 dan melihat kekuatannya pada awal 2020, tentu ia berpikir bakal mudah menjalani segalanya. Sayangnya, absen setahun tidaklah mudah," ungkap juara dunia MotoGP 2020 ini kepada MotosanGP, Minggu (2/5/2021).

Mir tak memungkiri, jika melihat dominasi Marquez sejak 2013, terutama pada 2019 di mana rider 28 tahun ini merebut 18 podium dari 19 balapan dan sukses meraih 12 kemenangan, rasa-rasanya ia bagai alien dan tak terkalahkan. Namun, cedera ini adalah pengingat bahwa ia juga manusia biasa seperti rivalnya yang lain.

"Marc sudah sering kali membuat kami ragu-ragu, sebenarnya dia ini alien atau manusia sih? Tapi jika melihat orang-orang seperti dia juga menderita pada masa-masa sulit, saat itulah Anda menyadari dia juga manusia. Situasi ini tak mudah baginya," ungkap pembalap berusia 23 tahun ini.

2 dari 3 halaman

Angkat Topi untuk Usaha Marc Marquez

Mir juga mengaku dapat memahami pernyataan Marquez, yang mengaku terkejut melihat level performa dan persaingan di MotoGP telah melonjak drastis setelah ia absen semusim. Namun, Mir juga mengaku takkan meremehkan Marquez, apalagi jika melihat perkembangan kondisi fisiknya selama beberapa bulan terakhir.

"Marc tahu ia tak bisa kembali dan langsung menggebrak. Pasalnya, level MotoGP makin tinggi tiap tahun. Para rider lebih siap dan motor kami juga makin setara. Namun, kami tak pernah meragukan talenta kemampuannya. Ia sedang kesulitan, namun ia masuk 10 besar dalam dua balapan yang sudah ia jalani. Saya angkat topi untuknya," tutupnya.

Mir dan Marquez akan kembali berjumpa di lintasan dalam MotoGP Prancis, yang akan digelar di Sirkuit Le Mans pada 14-16 Mei mendatang.

Sumber: MotosanGP

3 dari 3 halaman

Video: Kebakaran Besar di Sirkuit MotoGP Argentina

KOMENTAR