BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Joan Mir: Saya Bukan Favorit Juara MotoGP 2021, Apalagi Jika Marc Marquez Kembali

04-02-2021 14:27 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki

Bola.net - Meski sukses menyabet gelar MotoGP 2020, Joan Mir justru yakin ini tak otomatis membuatnya jadi favorit juara pada 2021, apalagi jika Marc Marquez balapan lagi. Hal ini ia sampaikan kepada Corsedimoto pada Rabu (3/2/2021), saat ditanya soal kans Marquez kembali berlaga usai absen panjang akibat cedera parah pada lengan.

Seperti diketahui, Marquez mengalami patah tulang humerus kanan usai terjatuh di MotoGP Spanyol pada Juli 2020. Sejak itu, delapan kali juara dunia ini absen dan telah menjalani tiga operasi. Usai menjalani operasi ketiga pada awal Desember lalu, ia diperkirakan masih butuh waktu enam bulan untuk pulih.

Namun, pemeriksaan medis yang dijalani rider Repsol Honda itu menunjukkan progres positif, dan ada kemungkinan ia bisa kembali berkompetisi lebih cepat dari perkiraan. Atas alasan ini Mir yakin, alih-alih dirinya sendiri, Marquez lah yang bakal lebih difavoritkan jadi juara dunia seperti sebelum-sebelumnya.

1 dari 3 halaman

Sadar Masih Harus Perbaiki Performa

Joan Mir dan Marc Marquez (c) Suzuki/HRC Joan Mir dan Marc Marquez (c) Suzuki/HRC

Rider Suzuki Ecstar ini memang rider paling konsisten sepanjang 2020 dengan tujuh podium termasuk satu kemenangan. Namun, ia sadar betul hasil itu tak cukup untuk mempertahankan gelar musim ini, apalagi jika Marquez kembali. Mir yakin masih harus memperbaiki performa di sesi kualifikasi dan meraih lebih banyak kemenangan.

"Jika Marc kembali 100% fit, tentu ia jadi favorit juara. Selain dia, saya tak lihat ada orang lain. Saya memang orang yang harus dikalahkan, tapi saya merasa bukan favorit juara. Saya masih harus meraih beberapa pole, memenangkan lebih banyak balapan, masih harus memperbaiki diri. Jika berhasil, barulah saya bisa jadi favorit," ujar Mir.

Seperti kebanyakan penghuni paddock MotoGP, Mir juga yakin mungkin Marquez akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi dan kembali ke performanya yang dulu. Namun, rider yang juga juara dunia Moto3 2017 ini menolak meremehkan Marquez. Menurutnya, itu akan jadi kesalahan besar.

2 dari 3 halaman

Takkan Kaget Jika Marc Marquez Langsung Garang Lagi

"Tentu target saya musim ini adalah mengulang gelar dunia, tapi saya ingin lebih baik dari tahun lalu. Marc memang sudah lama absen dan pasti takkan mudah baginya untuk langsung cepat lagi, tapi saya takkan terkejut jika ia langsung kembali kompetitif," ungkap rider 23 tahun ini.

Nah, demi mempertahankan gelar, persiapan apa saja yang sudah dilakukan Mir sepanjang musim dingin? Uniknya, ia mengaku tak punya persiapan yang lebih spesial dari tahun-tahun sebelumnya, dan hanya berharap jadwal balap MotoGP 2021 tak lagi terlalu terdampak Covid-19 yang masih belum mereda.

"Persiapan saya tidak berubah. Saya memang selama ini selalu fokus latihan kardio dan gym, tak peduli persaingan macam apa yang akan kami hadapi. Semoga musim ini kalendernya normal. Saat ini saya agak santai, tapi sekalinya musim dimulai, mimpi buruk akan kembali!" guraunya.

Sumber: Corsedimoto

3 dari 3 halaman

Video: Maverick Vinales Jatuhkan Diri dalam Kecepatan Tinggi di MotoGP Styria

KOMENTAR