BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Joan Mir Keluar Rumah Sakit, Berpeluang Turun di MotoGP Inggris

13-08-2019 10:23 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki
Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki

Bola.net - Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, akhirnya diperbolehkan pulang dari rumah sakit usai mengalami kecelakaan hebat di tikungan pertama Sirkuit Brno dalam uji coba pascabalap MotoGP Ceko pada Senin (5/8/2019) lalu. Kini ia pun diperbolehkan untuk istirahat total di rumahnya yang ada di Andorra.

Mir terjatuh dan menabrak dinding pembatas di Tikungan 1 dalam kecepatan 300 km/jam saat sesi tersisa kurang dari satu jam. Ia pun dibawa ke Medical Center dan tim dokter mendiagnosa adanya memar pada paru-paru. Setelahnya, pebalap Spanyol ini segera diterbangkan dengan helikopter ke Brno University Hospital.

Di rumah sakit, Mir menjalani CT scan dan pemeriksaan lebih detail, serta diobservasi selama tiga hari dan dipastikan absen dari pekan balap di Red Bull Ring, Austria. Setelahnya, ia ditransfer ke Clinica Dexeus, Barcelona, pada Jumat (9/8/2019) untuk menjalani observasi lebih lanjut dengan tim medis Dr. Angel Charte, Dokter Kepala MotoGP.

Setelah empat hari dirawat di Barcelona, kini Mir pun mengalami peningkatan kondisi dan diperbolehkan pulang ke Andorra. Meski begitu ia akan menjalani pemeriksaan medis lanjutan di rumah sakit yang sama pekan depan, untuk menentukan apakah kondisinya cukup fit untuk turun di MotoGP Inggris, 23-25 Agustus.

1 dari 2 halaman

Pernyataan Resmi Suzuki Ecstar

Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Instagram/Joan Mir
Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Instagram/Joan Mir

"Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, yang mengalami kecelakaan dalam uji coba MotoGP Ceko di Brno pekan lalu, akhirnya diperbolehkan pulang usai dirawat di rumah sakit akibat memar pada paru-paru yang membuatnya harus diobservasi secara medis selama tujuh hari.

"Usai perawatan awal di Medical Center sirkuit, ia ditransfer dengan helikopter ke FN Bohunice University Hospital, di mana ia dirawat selama tiga hari. Ia akhirnya bisa kembali ke Barcelona pada Jumat dengan pesawat medis, mengingat ia tak bisa turun di Grand Prix Austria.

"Setibanya di Dexeus University Hospital, perawatannya dilakukan oleh tim medis Dr. Angel Carte. Usai menjalani tes-tes ekstensif, termasuk beberapa CT scan, beberapa dokter mendeteksi paru-parunya masih bengkak akibat banyaknya memar. Atas alasan ini mereka memutuskan untuk tetap merawat Joan dan memeriksanya setiap hari demi mempercepat pemulihan dan menghindari komplikasi.

"Empat hari kemudian, tim medis yang sama memutuskan, usai beberapa tes terakhir menunjukkan peningkatan kondisi, untuk memperbolehkan Joan pulang ke rumah, di mana ia akan melanjutkan masa istirahat sampai pemeriksaan medis selanjutnya pekan depan di rumah sakit yang sama."

2 dari 2 halaman

Statistik Joan Mir di MotoGP 2019

Dalam 10 seri pertama musim ini, juara dunia Moto3 2017 tersebut telah empat kali finis di posisi 10 besar, dengan hasil terbaiknya adalah finis keenam di seri kandangnya, yakni MotoGP Catalunya, Spanyol pada Juni lalu.

Saat ini, ia berada di peringkat 13 pada klasemen pebalap MotoGP dengan koleksi 39 poin, tertinggal 53 poin dari debutan lainnya, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang duduk di peringkat ketujuh.

Sumber: Suzuki Racing

KOMENTAR