Joan Mir: Fabio Quartararo Tak Lebih Baik dari Saya

Anindhya Danartikanya | 6 Januari 2020, 11:45
Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki
Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki

Bola.net - Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, meyakini dirinya harus meneruskan perkembangannya di MotoGP 2020, usai menjalani musim debut yang cukup baik tahun lalu. Kepada Motosprint, Mir mengaku punya hobi mengkritik diri sendiri bahkan dalam situasi yang baik sekalipun.

Tahun lalu, Mir satu-satunya debutan yang bernaung di tim pabrikan, duduk di peringkat 12 pada klasemen, dan hasil terbaiknya adalah finis kelima di Australia. Satu-satunya momen buruk adalah kecelakaan hebat di uji coba Ceko, yang membuat paru-parunya memar dan ia harus absen dua seri.

"Mengkritik diri sendiri sangat penting bagi pebalap. Jika tidak, ia akan selalu berbohong pada diri sendiri. Anda bisa membodohi orang-orang sekitar, tapi semua direkam oleh data telemetri. Hal-hal negatif yang terjadi pada 2019 adalah salah saya sendiri. Saya tahu tanggung jawab saya," ujarnya seperti yang dikutip Tutto Motori.

1 dari 2 halaman

Selalu Kalahkan Quartararo di Moto3

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Mir juga gagal merebut gelar debutan terbaik dari Fabio Quartararo, yang duduk di peringkat 5. Uniknya, Mir menyatakan El Diablo bukanlah patokan performanya, mengingat saat mereka bertandem di Leopard Racing Moto3 pada 2016, Mir selalu mampu mengalahkan Quartararo.

"Fabio tak pernah jadi referensi saya. Talentanya tak bersinar di Moto3. Saat kami mengendarai motor yang sama, saya selalu ada di depannya. Di Moto2, ia juga tak langsung beradaptasi, dan baru pada musim kedua ia meraih hasil baik. Saya tak yakin Fabio punya kelebihan daripada saya," ungkap juara dunia Moto3 2017 ini.

2 dari 2 halaman

Belum Ada di Level Marc Marquez

Di lain sisi, Mir juga meyakini bahwa dirinya belum ada di level yang setara dengan rider Repsol Honda, Marc Marquez, yang sepanjang 2019 sukses meraih 18 podium, yang 13 di antaranya merupakan kemenangan.

"Saya belum ada di level Marc. Pada 2019, saya adaptasi dan berkembang, sementara Marc sudah punya visi yang jelas. Ia tahu benar apa yang ia butuhkan untuk tampil kuat. Saya pun sudah melewati masa 'magang', jadi saya harus terus berkembang," pungkas Mir.

Mir, Quartararo, dan Marquez akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang pada 7-9 Februari mendatang.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR