BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Joan Mir Akui Terbebani Saat Dibuntuti Marc Marquez

03-07-2019 12:45 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki

Bola.net - Sebelum Fabio Quartararo memimpin selama 12 lap di MotoGP Belanda akhir pekan lalu, Joan Mir adalah debutan yang lebih dulu berada di depan, yakni usai tandemnya di Suzuki Ecstar, Alex Rins terjatuh. Sayangnya, kepemimpinan Mir dalam balapan tersebut hanya bertahan selama 7 tikungan.

Rins yang terjatuh di Tikungan 9 pada Lap 3, membuat Mir mengambil alih pimpinan balap. Sayang, ban depannya selip di beberapa tikungan setelahnya. Alhasil, Quartararo, Maverick Vinales, dan Marc Marquez kompak menyalipnya sekaligus di Tikungan 15.

"Saya tak panik, tapi situasinya rumit. Alex jatuh di Tikungan 9. Saya sempat goyah karena mengerem tepat di titik pengereman Alex. Ban depan saya juga selip di Tikungan 12, dan lagi di Tikungan 15. Saya pun berpikir, mungkin saatnya berhenti ngotot. Jika tidak, saya tak bisa bertahan satu lap lagi," ujarnya lewat GPOne.

1 dari 2 halaman

Tak Puas Performa di Akhir Balap

Usai tersalip, Mir memutuskan berkendara lebih tenang demi menghemat ban. Ia bertarung di grup kedua, bersama duet pebalap Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci. Saat balapan menyisakan tiga lap, ia pun tersalip oleh Franco Morbidelli dan Cal Crutchlow. Mir pun harus puas finis di posisi 8.

"Para rider Ducati punya akselerasi yang sangat baik. Saya sangat tak puas soal dua lap terakhir, karena ban saya aus. Meski begitu saya senang karena saya bisa ikut bertarung sengit. Saya coba berkendara sehalus mungkin dan bahkan harus melamban demi menghemat ban. Ini semua pengalaman baru bagi saya," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Gugup Dibuntuti Marquez

Rider 21 tahun ini pun tak malu-malu mengakui dirinya cukup gugup saat dibuntuti rider sekaliber Marc Marquez. Ia terlalu terbiasa bertarung dengan Romano Fenati dan Jorge Navarro saat masih turun di Moto3 dan Moto2, hingga dibuntuti Marquez memberi sensasi tersendiri.

"Saya agak gugup. Sebelumnya saya terbiasa bertarung dengan Romano Fenati dan Jorge Navarro saat saya memimpin balapan, sementara di Assen ada Marc Marquez di belakang saya. Rasanya agak berbeda dan hal ini memberi beban," pungkasnya.

Menjelang MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring akhir pekan nanti, Mir tengah berada di peringkat 14 pada klasemen pebalap dengan koleksi 30 poin, hanya tertinggal 1 poin dari rider Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro di peringkat 13.

Kemenangan Dramatis Dovizioso atas Marquez di MotoGP Austria

KOMENTAR