Jerez Tekad Gelar MotoGP dan WorldSBK Selama 3 Pekan Beruntun

Anindhya Danartikanya | 8 Mei 2020, 08:25
MotoGP Jerez, Spanyol 2019. (c) AP Photo
MotoGP Jerez, Spanyol 2019. (c) AP Photo

Bola.net - Dewan pemerintahan Jerez dan Dorna Sports bertekad mengajukan proposal kepada pemerintahan Spanyol untuk menggelar dua pekan balap MotoGP dan satu pekan balap WorldSBK dalam tiga pekan beruntun pada Juli mendatang, meski pandemi virus corona (Covid-19) masih merebak.

Lewat MotoGP.com, Dorna Sports menyatakan bahwa mereka, bersama Pemerintah Regional Andalusia, Dewan Kota Jerez de la Frontera, telah sepakat untuk membuat proposal yang meyakinkan untuk pemerintah Spanyol demi diizinkan menggelar tiga event sekaligus secara berturut-turut.

Hal ini pun sejalan dengan keinginan Dorna Sports, yang bertekad memulai balapan pada pertengahan Juli. Sang CEO, Carmelo Ezpeleta, mengaku ingin MotoGP setidaknya dimulai di Ceko (9 Agustus) atau Austria (16 Agustus), namun berharap bisa dimulai lebih awal di Spanyol.

1 dari 3 halaman

Tanggal yang Diajukan

WorldSBK 2019 (c) Kawasaki

WorldSBK 2019 (c) Kawasaki

Sebuah pertemuan daring pun dilakukan pada Kamis (7/5/2020) antara Ezpeleta dengan Wakil Presiden Pemerintah Regional Andalusia, Antonio Marin, dan Walikota Jerez de la Frontera, Mamen Sanchez. Mereka pun berharap MotoGP bisa digelar pada 17-19 dan 24-26 Juli nanti.

Selain itu, mereka juga bertekad meminta izin kepada pemerintah Spanyol untuk menggelar WorldSBK pada 31 Juli-2 Agustus. Jika ini terwujud, maka Jerez akan menjadi seri kedua WorldSBK 2020, karena musim ini telah dimulai di Phillip Island, Australia, pada akhir Februari lalu.

2 dari 3 halaman

Penamaan yang berbeda

Sekalinya izin diberikan pemerintah Spanyol, maka ketiga gelaran akan diselenggarakan sesuai dengan tanggal yang diajukan.

Pekan balap pertama MotoGP akan dinamai Grand Prix Spanyol, dan menjadi seri pembuka musim 2020. Sementara itu, pekan balap kedua akan dinamai Grand Prix Andalusia.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR