BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Jenny Anderson Kini Jadi Teknisi Data Marc Marquez, Pol Espargaro Sedih

25-02-2021 16:25 | Anindhya Danartikanya

Marc Marquez dan Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation Marc Marquez dan Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Pol Espargaro sedih tak bisa memboyong krunya dari Red Bull KTM Factory Racing untuk ikut pindah ke Repsol Honda di MotoGP 2021. Ia makin kecewa saat mendengar bahwa teknisi datanya sejak 2017, Jenny Anderson, ikut ke Repsol Honda namun beralih ke kubu Marc Marquez. Hal ini ia sampaikan via Diario AS, Senin (22/2/2021).

Kabar bahwa Anderson pindah ke Repsol Honda ini menyeruak ke publik pada pertengahan Januari lalu. Ia akan menggantikan Gerold 'Hugo' Bucher, yang sudah jadi teknisi data Marquez sejak di Moto2 2012. Kini Bucher dipastikan beralih ke tim uji coba Honda untuk bekerja dengan sang test rider, Stefan Bradl.

Espargaro pun menyatakan, meninggalkan krunya di KTM merupakan hal paling sulit ia lakukan saat mengambil keputusan pindah ke Repsol Honda. Pasalnya, usai menjadi ujung tombak pengembangan RC16 selama empat tahun terakhir, Espargaro sudah menganggap krunya sebagai keluarga sendiri.

1 dari 3 halaman

Beruntung Sudah Kenal Lama Kru Repsol Honda

Jenny Anderson (c) KTM/Sebas Romero Jenny Anderson (c) KTM/Sebas Romero

"Tentu saya ingin bawa semua saya, dari mekanik, teknisi elektronik, insinyur... semua orang. Mengembangkan proyek seperti KTM hanya bisa dilakukan dengan bekerja bersama orang-orang yang sangat baik dan punya hubungan yang sangat erat. Usai empat tahun kerja sama, mereka praktisnya jadi keluarga saya," ujarnya.

Espargaro menyatakan, masa-masa awal dirinya bekerja dengan KTM sangatlah berat. Selain mengembangkan motor, mereka juga harus mengejar hasil baik. Namun, momen-momen itulah yang membuat mereka semakin kompak. Alhasil, meninggalkan krunya di KTM demi meraih impian di Repsol Honda membuat Espargaro emosional.

"Untungnya, saya sudah kenal kru saya di Repsol Honda. Mereka insinyur dan mekanik yang sangat berpengalaman. Beberapa di antaranya berasal dari Catalan, salah satunya Ramon Aurin (crew chief), yang sudah saya kenal sejak lama. Persamaan budaya juga faktor penting dalam menghadapi momen kritis dan ini bakal membantu saya," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Jenny Anderson Pahami Pol Espargaro dengan 'Sempurna'

Namun, yang paling bikin Espargaro sedih, ia harus menerima kenyataan bahwa Anderson juga pindah ke Repsol Honda namun akan bekerja dengan Marquez. "Soal Jenny, saya yakin ia merupakan orang yang paling memahami saya," ungkap juara dunia Moto2 2013 ini.

"Ia tahu cara saya mengerem, memakai kontrol traksi, membuka gas, mengeluarkan tenaga mesin di tikungan, dan cara saya mengekspresikan diri. Dari sudut pandang kompetisi, Jenny mengenal saya lebih baik dari orang tua saya sendiri. Marc pun kini memiliki insinyur sangat hebat yang juga mengenal saya dengan sempurna," tutupnya.

Sementara Marquez masih cedera lengan, Espargaro akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Losail, Qatar, pada 6-7 dan 10-12 Maret, yang bakal dilanjutkan dengan dua pekan balap beruntun di trek yang sama pada 26-28 Maret dan 2-4 April mendatang.

Sumber: Diario AS

3 dari 3 halaman

Video: Kabar Terkini Pengerjaan Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia

KOMENTAR