BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Jelang Uji Coba, Toprak Razgatlioglu Mau ke MotoGP Asal Dapat Motor Pabrikan

19-10-2021 15:24 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Bola.net - Setelah berkali-kali ngotot ingin bertahan di WorldSBK, Toprak Razgatlioglu tampaknya mulai melunak soal peluangnya pindah ke MotoGP dalam waktu dekat. Ia bahkan bersemangat ikut uji coba pascamusim di Jerez, Spanyol, pada 18-19 November 2021, di mana ia akan menjajal motor MotoGP untuk pertama kalinya.

Razgatlioglu sudah ramai diperbincangkan paddock MotoGP sejak awal 2020, usai tampil kompetitif dengan Kawasaki Puccetti sepanjang 2019. Pada 2020, ia pindah ke Yamaha dan kian garang. Tahun ini, rider Pata Yamaha WorldSBK itu bahkan jadi kandidat terkuat juara dunia dan berpotensi menjegal dominasi Jonathan Rea.

Juga sejak tahun lalu, ia dapat banyak tawaran dari MotoGP. Pertengahan musim ini, ia santer dikabarkan akan jadi pengganti Valentino Rossi di Petronas Yamaha SRT pada 2022, tapi lagi-lagi ia menolak. Ia malah tanda tangan kontrak berdurasi dua tahun dengan Yamaha Motor Europe (YME) untuk bertahan di WorldSBK sampai 2023.

1 dari 2 halaman

Mungkin Bakal Suka, Mungkin Juga Tidak

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Meski begitu, El Turco diketahui bertemu Managing Director Yamaha Motor Racing (YMR), Lin Jarvis, di Austria pada Agustus untuk membicarakan masa depannya di MotoGP. Tampaknya kontrak Razgatlioglu dengan YME punya klausul yang membolehkannya pindah ke MotoGP jika sukses menjuarai WorldSBK.

Selain itu, ia akan dapat kans menjajal YZR-M1 di uji coba pascamusim MotoGP di Jerez. Menurut Razgatlioglu, uji coba ini bakal bermanfaat untuk melihat sensasinya di atas M1. Pembalap berusia 25 tahun ini juga tak mau sesumbar, karena merasa ada kemungkinan bahwa dirinya takkan menyukai motor itu.

"Saya senang dapat kans uji coba, karena saya harus lihat motornya dulu sebelum balapan. Saya mungkin bakal suka, dan mungkin takkan suka. Semua rider bilang mereka menyukainya. Tapi kita lihat saja nanti. Ini tergantung gaya balap. Jika tak suka, saya bertahan di sini (WorldSBK)," ujarnya via Motorsport Espana, Jumat (15/10/2021).

2 dari 2 halaman

Butuh Kontrak Bagus untuk Pindah ke MotoGP

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Meski begitu, Razgatlioglu menegaskan ia hanya mau pindah ke MotoGP jika dapat motor spek pabrikan terbaru, serta hanya akan pindah jika sudah menggenggam setidaknya satu gelar WorldSBK. Seperti yang diketahui, kini ia unggul 30 poin atas Rea, dan berpotensi mengunci gelar di Mandalika pada 19-21 November.

"Mungkin saya takkan dapat kontrak bagus dan takkan pindah ke MotoGP. Saya butuh kontrak bagus untuk pindah ke sana. Saya butuh motor pabrikan. Saya berharap kami merebut gelar dunia tahun ini, atau tahun depan. Setelahnya, barulah saya ke MotoGP," tutur anak didik lima kali juara WorldSSP, Kenan Sofuoglu, ini.

Andai pindah, Razgatlioglu yakin bakal butuh waktu adaptasi. "Saya takkan bilang akan pindah ke MotoGP dan bakal naik podium usai tiga seri. Motor, ban, dan rem WorldSBK dan MotoGP berbeda. Saya bakal butuh waktu adaptasi. Tapi saya senang atas kans ini, karena saya akan coba lebih dulu sebelum mungkin pindah," tutupnya.

Sumber: Motorsport Espana

KOMENTAR