Jelang Tes MotoGP, Toprak Razgatlioglu Minta Saran Andrea Dovizioso

Anindhya Danartikanya | 15 Juni 2022, 14:34
Andrea Dovizioso dan Toprak Razgatlioglu (c) Twitter/Pata Yamaha WorldSBK
Andrea Dovizioso dan Toprak Razgatlioglu (c) Twitter/Pata Yamaha WorldSBK

Bola.net - Meski batal ke MotoGP pada 2023, sebentar lagi pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, akan menjalani tes tertutup dengan motor YZR-M1. Saat bertemu dengan Andrea Dovizioso dalam WorldSBK Emilia Romagna di Misano, Italia, Minggu (12/6/2022) lalu, El Turco pun segera meminta saran.

Razgatlioglu sudah meramaikan silly season MotoGP sejak 2020. Kansnya pindah ke MotoGP makin nyata tahun ini karena Yamaha ingin menggelar tes tertutup pada Juni. Selain ingin mengevaluasi performa rider Turki tersebut di atas motor MotoGP, Yamaha juga menyebut tes ini sebagai hadiah karena ia sukses menjuarai WorldSBK 2021.

Sayangnya, kans Razgatlioglu pindah ke Grand Prix sirna begitu saja tiga pekan lalu, saat WithU RNF memutuskan berhenti jadi tim satelit Yamaha di MotoGP akhir musim nanti dan pindah ke Aprilia Racing. Mengingat Monster Energy Yamaha sudah diisi oleh Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, maka tak ada tempat bagi Razgatlioglu.

1 dari 2 halaman

Hanya Mau Bela Tim Pabrikan di MotoGP

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

"Saya menantikan tes MotoGP. Saya bicara dengan Dovi soal motor MotoGP. Ia mengendarai Yamaha dan kami pun membicarakannya. Namun, MotoGP tidaklah penting bagi saya saat ini. WorldSBK musim ini jauh lebih penting bagi saya. Saya ingin mempertahankan nomor satu," ungkap Razgatlioglu via Motorsport Total, Selasa (14/6/2022).

Ia juga kembali menegaskan kata-kata lima kali juara WorldSSP sekaligus sang manajer, Kenan Sofuoglu, bahwa ia hanya akan pindah ke MotoGP jika membela tim pabrikan. Ia mengaku akan mempertimbangkan ke MotoGP pada 2024. Namun, jika lagi-lagi tak ada tawaran dari tim pabrikan, maka ia akan bertahan di WorldSBK.

"Tahun depan saya akan kembali berlaga di sini. Saya punya rencana dengan Kenan. Kami hanya mau membela ke tim pabrikan. Jika tak dapat tempat di tim pabrikan, maka kami bertahan di sini. Kami sudah bilang berkali-kali. Jika tahun depan kami lagi-lagi tak dapat tawaran di tim pabrikan, maka saya tetap balapan di sini," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Ingin Jadi Legenda WorldSBK Seperti Jonathan Rea

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Razgatlioglu juga menyatakan dirinya masih menjadikan sang kawan baik sekaligus rider Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea, sebagai panutan. Melihat rider Irlandia Utara itu sukses meraih enam gelar dunia di WorldSBK, ia sangat ingin mengikuti jejak tersebut. Ia bahkan mengaku ingin jadi salah satu legenda WorldSBK.

"Impian saya adalah meraih apa yang diraih Jonny di WorldSBK. Saya ingin meraih banyak gelar dunia di sini. Jonny adalah legenda WorldSBK. Mungkin di masa depan saya juga bisa jadi legenda WorldSBK. Jadi, impian saya adalah bertahan di sini dan meraih banyak gelar dunia," pungkas Razgatlioglu.

Dalam empat seri pertama musim ini, Razgatlioglu sukses meraih 10 podium, namun baru meraih satu kemenangan, yakni di Superpole Race Emilia Romagna. Saat ini ia berada di peringkat ketiga pada klasemen pembalap dengan 141 poin, tertinggal 79 poin dari Alvaro Bautista yang ada di puncak.

Sumber: Motorsport Total

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR