BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Jelang MotoGP Styria, Maverick Vinales Lupakan 2 Insiden Mengerikan Tahun Lalu

05-08-2021 09:20 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha MotoGP
Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Usai menjalani rehat musim panas selama lima pekan, pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, sudah tak sabar kembali berlaga dalam MotoGP Styria, yang bakal digelar di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pada 6-8 Agustus. Hal ini ia nyatakan via rilis tim, Rabu (4/8/2021).

Selama liburan musim panas, Vinales banyak menghabiskan waktu dengan sang istri, Raquel Subira, dan sang anak, Nina Vinales. Juara dunia Moto3 2013 ini juga mengisi rehat kali ini dengan berbagai jenis latihan, baik di gym maupun di trek menggunakan gokart, minibike, motocross, sampai superbike.

Menjelang balapan di Seri Styria, yang akan dilanjut dengan Seri Austria di trek yang sama pada 13-15 Agustus nanti, Vinales pun berusaha melupakan dua insiden mengerikan tahun lalu, yang sama-sama mengancam nyawanya. Kini ia pun fokus untuk meraih hasil baik.

1 dari 3 halaman

Sensasi Tak Terlalu Buruk

Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha MotoGP
Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha MotoGP

Seperti yang diketahui, dalam Seri Austria 2020, Vinales dan Valentino Rossi nyaris tertabrak rongsokan motor Johann Zarco dan Franco Morbidelli yang hancur akibat kecelakaan di Tikungan 3. Dalam Seri Styria sepekan setelahnya, rem Vinales rusak hingga ia menjatuhkan diri dari motor agar tak menabrak dinding pembatas.

Dalam kedua balapan itu, rider Spanyol ini pun finis ke-10 dan gagal finis. Meski hasil itu sama sekali tak mendekati harapannya, namun ia nyaman di atas YZR-M1 dan berharap dapat sensasi yang sama akhir pekan ini. "Dua balapan di Austria tahun lalu penuh peristiwa tak mengenakkan," kisahnya.

"Hasilnya juga bukan yang kami harapkan. Namun, secara umum, sensasi saya tak terlalu buruk. Jelas kami akan bekerja semaksimal mungkin untuk memulai paruh kedua musim 2021 dengan cara terbaik. Saya berlatih sangat keras selama beberapa pekan terakhir, jadi saya sangat bersemangat!" lanjut Top Gun.

2 dari 3 halaman

Austria Takkan Mudah

Di lain sisi, Vinales sadar betul Red Bull Ring tak cocok dengan Yamaha. Lima dari enam balapan di sana dimenangi oleh Ducati, dan sisanya oleh KTM. Hasil terbaik Yamaha hanyalah finis ketiga lewat Jorge Lorenzo pada 2016 dan Fabio Quartararo pada 2019. Hasil terbaik Vinales adalah finis kelima pada 2019.

"Dua balapan ke depan mungkin takkan jadi yang termudah bagi kami, namun di Assen, kami terbukti punya potensi besar. Kami pernah menjalani beberapa balapan yang baik di Spielberg, terutama pada 2019, jadi saya rasa kami bisa kembali bekerja dengan baik," pungkas rider berusia 26 tahun ini.

Vinales, yang akan hengkang dari Monster Energy Yamaha akhir musim nanti, saat ini tengah berada di peringkat keenam pada klasemen pembalap dengan koleksi 95 poin, tertinggal 61 poin dari sang tandem, Quartararo, yang ada di puncak.

Sumber: Monster Energy Yamaha

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa

KOMENTAR