Jelang MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika Sudah Penuhi 90% Syarat Homologasi FIM

Anindhya Danartikanya | 27 Januari 2022, 11:30
Sirkuit Mandalika, Indonesia (c) AP Photo
Sirkuit Mandalika, Indonesia (c) AP Photo

Bola.net - Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro baru-baru ini menyatakan bahwa syarat homologasi FIM Grade A sudah 90% dipenuhi oleh Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, menjelang gelaran MotoGP Indonesia pada 18-20 Maret 2022.


Seperti yang diketahui, untuk bisa menggelar balapan MotoGP, sebuah sirkuit harus memiliki standar FIM Grade A. Sementara itu, Sirkuit Mandalika sudah akan menjamu peserta MotoGP dalam uji coba pramusim pada 11-13 Februari dan pekan balap pada Maret nanti.

"Progresnya sudah 90 persen, yang masih menjadi kekurangan itu pemasangan ban (pelindung di pinggir lintasan) dan barang elektronik," ujar Bram seperti yang dikutip dari Antara pada Rabu (26/1/2022).

1 dari 2 halaman

Upaya Cegah Genangan Air saat Hujan

Sirkuit Mandalika, Indonesia (c) AP Photo

Untuk pemasangan dinding pembatas berupa ban di tepi trek tersebut, Bram memastikan bahwa pekerja yang bertugas memasang logistik tersebut dijadwalkan tiba pada Kamis (27/1/2022).

"Jadi bannya sudah datang, tinggal dipasang, begitu juga barang elektronik. Kamis besok, pekerjanya sudah datang, mereka langsung ke lapangan, pasang alat," ungkap Bram.

Bram juga memastikan seluruh persiapan lintasan tak lagi bermasalah, termasuk soal genangan air di sekitar area sirkuit. "Kita pasang pipa di beberapa titik agar tidak terjadi rendaman air saat hujan. Sudah diperbaiki semua," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Juga Sediakan Tambahan Tribun Penonton

WorldSBK Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika. (c) AP PhotoWorldSBK Indonesia 2021 di Sirkuit Mandalika. (c) AP Photo

Mengenai persiapan lain, Bram mengaku penyelenggara kini sedang membangun tempat khusus bagi tim peserta. Tempat itu terbuat dari bahan kontainer, dan ada yang berupa tenda. Sekitar lokasi untuk area tim juga dibuatkan pagar keliling permanen. "Jadi, itu semua sudah diatur," tutur Bram.

Pengelola Sirkuit Mandalika juga akan merakit tribun tambahan untuk penonton. Bram pun optimistis fasilitas tersebut selesai dua hari sebelum perhelatan MotoGP 2022. "Tanggal 16 Maret sudah selesai," tegasnya.

Lebih lanjut, Bram memastikan penilaian homologasi Grade A Sirkuit Mandalika oleh FIM akan berlangsung sebelum pekan balap. "Untuk kapan, kami belum bisa pastikan, tetapi iya, setelah tes pramusim, sebelum MotoGP 2022, antara itu," tutupnya.

Sumber: Antara

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR