Jelang Debut Moto3, Mario Aji Latihan di Mandalika Didampingi Gubernur Jatim

Anindhya Danartikanya | 20 Januari 2022, 11:50
Pembalap Indonesia, Mario Aji (c) Honda Team Asia
Pembalap Indonesia, Mario Aji (c) Honda Team Asia

Bola.net - Pembalap Honda Team Asia asal Indonesia, Mario Suryo Aji, yang juga dikenal dengan Mario Aji, menjalani sesi latihan di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 18-19 Januari menjelang debutnya di Moto3 2022.


Mario yang kini berusia 17 tahun, telah bertahun-tahun berkecimpung di dunia balap motor. Selama tiga musim belakangan, ia pun turun di Red Bull Rookies Cup dan Moto3 Junior World Championship. Ia bahkan sempat mendapatkan fasilitas wildcard dalam Moto3 Emilia Romagna 2021 di Sirkuit Misano.

Dalam kesempatan itu, Mario sempat duduk di posisi keempat dalam sesi FP1 dan finis ke-21 dalam sesi balap. Ia dijadwalkan turun lagi di Moto3 Algarve, Portugal, namun batal karena patah tulang femur kanan. Kini, ia pun mendapatkan kesempatan turun sepenuhnya di Grand Prix, juga di kelas Moto3.

1 dari 2 halaman

Didukung Masyarakat Jawa Timur

"Usai mengalami cedera, saya kembali berkendara di atas motor setelah pemulihan tulang femur, dan sensasi pertama berkendara di Sirkuit Mandalika sangat menyenangkan! Pertahankan fokus," tulis Mario lewat Instagram pada Selasa (18/1/2022). Dalam sesi ini, ia mengendarai Honda CBR250RR.

Uniknya, dalam sesi latihan tersebut, pembalap kelahiran Madiun tersebut didampingi oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Khofifah mengaku tadinya sempat tak mengetahui bahwa Mario akan turun penuh untuk pertama kali di kejuaraan dunia.

Khofifah baru dapat kepastian usai ibunda Mario datang ke Gedung Negara Grahadi, Surabaya, pada November 2020. "Saya ingin memberi semangat langsung kepada Mario, bahwa kita semua, warga bangsa Indonesia dan Jawa Timur mengiringi perjuangannya di ajang Moto3," ujarnya via Antara, Kamis (19/1/2022).

2 dari 2 halaman

Makin Kuat, Ingin Jalani Debut Apik

Pembalap Indonesia, Mario Aji (c) Honda Team Asia

Lewat wawancaranya dalam rilis resmi Honda Team Asia, Mario juga mengaku bahwa cedera patah tulang femur alias tulang paha kanannya terus membaik meski belum ideal. Seperti yang diketahui, cedera itu ia dapat usai terjatuh saat latihan di Spanyol tahun lalu, dan sudah dioperasi di Barcelona.

"Saya makin kuat tiap hari, meski tulang saya belum sepenuhnya tersambung. Saya harus sabar. Tapi akibat cedera ini, saya merasa persiapan saya kurang matang. Biasanya, pada periode ini saya latihan fisik intensif. Kini saya harus fokus pada pemulihan. Tapi saya yakin saya akan lebih kuat dari sebelumnya," ujar Mario.

Ia pun bertekad menjalani debut apik di Moto3. "Orang-orang Indonesia sangat menghargai kembalinya saya dari Spanyol, di mana saya tinggal dan berkompetisi. Mereka mengharapkan saya meraih hasil baik, namun juga memberi saya banyak dukungan. Jadi, saya pun merasa optimistis soal debut saya," tuturnya.

Sumber: Antara, Honda Team Asia

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR