BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Jarang Jatuh, Fabio Quartararo Ungkap Rahasia Kinerjanya

26-07-2019 14:30 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Bola.net - Selain sukses meraih hasil gemilang dalam sembilan seri pertamanya di MotoGP musim ini, Fabio Quartararo juga membuat kagum banyak orang dengan fakta baru dua kali terjatuh. Kepada Motor Sport Magazine, ia membeberkan rahasianya.

Quartararo tak pernah jatuh sejak menjalani uji coba dengan Yamaha di Valencia, Spanyol, November tahun lalu. Kecelakaan pertama 'akhirnya' ia alami di sesi latihan ketiga MotoGP Catalunya, di mana ia juga merebut podium perdana usai finis kedua.

Uniknya, Quartararo justru sangat lega kecelakaan itu terjadi. Meski begitu, ia bertekad menjadikan kecelakaan kedua sebagai pelajaran. Kecelakaan kedua ini terjadi di Sachsenring, usai El Diablo menyalip Danilo Petrucci untuk posisi 6 pada lap kedua.

1 dari 2 halaman

Belajar Secara Bertahap

"Saya rasa bekerja dengan sangat baik bersama tim. Di uji coba Valencia, mereka bilang kami harus mulai secara bertahap. Saya tak mau langsung cepat, target saya hanyalah tiba menjalani balapan di Qatar dengan persiapan matang," ujar Quartararo.

Uji coba Valencia, Jerez, Sepang, dan Qatar pun jadi pelajaran berharga. Ia mau mendengarkan saran timnya, yang memintanya untuk tetap tenang dan tak gegabah, meski ia sempat 'panas' melihat Francesco Bagnaia menjadi rookie tercepat di Sepang.

"Dalam 10 hari itu, rencana kami melaju cepat secara bertahap. Di Sepang, rasanya berat lihat Pecco sedetik lebih cepat. Tapi oke-oke saja. Saya pikir, jika ia bisa melakukannya, saya juga pasti bisa. Melakukannya secara bertahap adalah strategi terbaik," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Pengendalian Diri Makin Baik

Quartararo pun mengaku pengendalian dirinya makin baik sejak tahun lalu. Ia mengaku belajar tenang dan mengurangi kesalahan, apalagi tugas rider MotoGP jauh lebih berat dari Moto2. Menurut Quartararo, rider Moto2 tinggal mengendalikan ban sekalinya dapat setup baik.

"Sementara di MotoGP, Anda harus memikirkan ban, sekaligus tangki bahan bakar saat masih penuh dan hampir kosong. Anda juga harus memikirkan tiga map tenaga dan tiga map engine brake berbeda. Jadi Anda harus berpikir keras di atas motor, dan ini bikin saya tetap tenang," tutupnya.

Sejauh ini, Quartararo telah mengoleksi tiga pole dan dua podium, dan tengah duduk di peringkat kedelapan pada klasemen pebalap MotoGP dengan koleksi 67 poin, hanya tertinggal 13 poin dari Valentino Rossi di peringkat keenam.

KOMENTAR