BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Jajal Motor 2022, Fabio Quartararo Minta Yamaha Tambah Tenaga Mesin

23-09-2021 11:42 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, mengaku mengharapkan tambahan tenaga pada mesin YZR-M1 versi 2022. Hal itu ia nyatakan kepada Crash.net pada Rabu (22/9/2021), usai menjajal motor tersebut untuk pertama kali dalam uji coba pascabalap MotoGP Misano, Italia, yang digelar selama dua hari.

Yamaha memang menyediakan mesin dan sasis baru di uji coba ini untuk dijajal Quartararo dan Franco Morbidelli. Mengingat motor itu masih 'versi awal', Quartararo pun mengaku masih harus membiasakan diri. Ia puas atas sasisnya, namun merasa M1 masih butuh tenaga lebih demi mendukung kecepatan puncak (top speed).

"Motor ini prototipe, jadi masih baru untuk dibiasakan. Namun, sensasinya mirip. Mesinnya jelas, lalu ada sasis, dan komentar saya cukup oke, walau masih ada yang harus diperbaiki. Saya ingin lebih banyak tenaga pada mesin kami. Sayangnya belum ada. Jadi, saya berharap ini terwujud dalam uji coba Jerez (pada November)," ujarnya.

1 dari 2 halaman

Lebih Fokus Cari Ritme dengan M1 2021

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP
Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Meski begitu, Quartararo menyatakan bahwa dalam uji coba ini ia tak terlalu fokus pada M1 2022. Ia lebih memilih tetap fokus mengutak-atik motor M1 2021, karena masih ada empat seri tersisa dan ia tengah memperebutkan gelar dunia. Ia mengaku menjajal berbagai setup, namun akhirnya kembali ke setup semula.

"Saya hanya menjalani beberapa lap dengan motor 2022. Saya tak bisa melakoni banyak lap, karena kami ingin fokus pada beberapa area motor 2021, menjajal beberapa setup pada swingarm, spring belakang, dan lainnya. Saya tak ingat tepatnya apa saja! Namun, pada akhirnya kami pakai setup standar, yang tetap terbaik," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Dapat Informasi Bagus untuk Seri Emilia Romagna

Dalam uji coba ini, El Diablo duduk di posisi 6 dan 7 pada masing-masing hari. Ia sama sekali tak cemas tak jadi yang tercepat, karena fokusnya terletak pada ritme balap. Selain itu, semua catatan waktu tercepatnya ini ia raih saat memakai ban lama, dan ini bakal bagus untuk Seri Emilia Romagna pada 22-24 Oktober nanti.

"Biasanya, dalam uji coba saya ingin jadi yang tercepat. Namun, seperti kemarin, catatan terbaik saya dengan ban yang sudah terpakai selama 15 lap, jadi saya sangat senang. Suhu trek kemarin 10 derajat lebih rendah dari hari ini, dan ini memberi kami informasi bagus untuk ban pada Oktober nanti," tuturnya.

"Saya merasakan sensasi sangat baik dengan suhu itu, namun tak bisa pakai ban depan keras. Kami tahu, saat kembali, suhunya bakal rendah dan kami takkan pakai ban depan keras. Ini positif untuk balapan selanjutnya di Misano," pungkas Quartararo, yang kini duduk di puncak klasemen dengan keunggulan 48 atas Pecco Bagnaia.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR