BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Jajal Mobil Hamilton, Rossi Merasa Jadi Pebalap Formula 1 Sungguhan

12-12-2019 10:45 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi saat menjajal mobil F1 W08 milik Lewis Hamilton. (c) Yamaha Valentino Rossi saat menjajal mobil F1 W08 milik Lewis Hamilton. (c) Yamaha

Bola.net - Pebalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, senang bukan kepalang mendapat kesempatan untuk menjajal mobil W08 milik pebalap Mercedes AMG Petronas Formula 1, Lewis Hamilton, di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada Senin (9/12/2019).

W08 adalah mobil yang mengantarkan Hamilton merebut gelar dunia F1 pada 2017 lalu. Dalam event '#LH44VR46' yang digelar Monster Energy ini, Hamilton juga mendapat kesempatan mengendarai YZR-M1 versi 2019 milik Rossi.

"Sebelumnya, saya memang sudah fans berat Lewis, tapi kini makin ngefans. Kami menjalani hari yang fantastis, di mana dua kelas tertinggi di dunia motorsport tak hanya bertemu, tapi bekerja sama," ungkap Rossi dalam rilis resmi timnya pada Rabu (11/12/2019).

1 dari 2 halaman

Terkesan Performa Mercedes W08

Lewis Hamilton dan Valentino Rossi (c) Yamaha Lewis Hamilton dan Valentino Rossi (c) Yamaha

Ini bukan pertama kalinya bagi Rossi menjajal mobil F1, mengingat ia pernah menjalani uji coba yang cukup serius dengan Scuderia Ferrari pada 2004-2006, bahkan nyaris pindah ke F1 pada 2007 lalu. Meski begitu, ini adalah momen pertama Rossi menjajal mobil F1 sejak 2010.

"Menjajal W08 adalah kesempatan spektakuler bagi saya. Sebelumnya saya pernah mengendarai mobil F1, tapi sejak itu banyak yang sudah berubah," ungkap sembilan kali juara dunia ini, yang juga sempat mendampingi Hamilton menjajal YZR-M1 di lintasan.

"Jujur, saya terkesan pada mobil ini dan pengendaliannya, begitu juga pada tim Mercedes AMG Petronas, yang kinerjanya sangat menyenangkan. Mereka menyambut saya dengan hangat dan membuat saya mudah mengakrabkan diri dengan mobil," lanjut The Doctor.

2 dari 2 halaman

Sempat Harus Menyesuaikan Diri

Lewis Hamilton dan Valentino Rossi (c) Yamaha Lewis Hamilton dan Valentino Rossi (c) Yamaha

Meski sudah pernah menjajal mobil F1, Rossi mengaku harus menyesuaikan diri dengan kecepatan, cara pengendalian tenaga, pengereman, dan G-force dari W08. Sekalinya terbiasa, Rossi menyatakan dirinya bisa lebih gaspol mengendarai mobil tersebut.

"Awalnya, Anda akan mendapatkan sensasi menakjubkan dari kecepatannya. G-force-nya tak buruk, tapi saya butuh waktu untuk menyesuaikan diri. Sekalinya saya dapat ritme yang baik, saya bisa benar-benar ngotot," ungkap rider Italia berusia 40 tahun ini.

"Rasanya angat menyenangkan. Saya merasa seperti pebalap F1 sesungguhnya dalam sehari. Saya tak mau hari ini berakhir!" pungkas Rossi, yang langsung terbang ke Abu Dhabi untuk turun di ajang balap ketahanan mobil Gulf 12 Hours 2019, mengendarai Ferrari 488 GT3.

KOMENTAR