Jadi 'Pabrikan Baru' di MotoGP 2023, Mengapa GASGAS Tak Dapat Hak Konsesi?

Anindhya Danartikanya | 6 Desember 2022, 15:43
Jadi 'Pabrikan Baru' di MotoGP 2023, Mengapa GASGAS Tak Dapat Hak Konsesi?
GASGAS MotoGP Team (c) GASGAS

Bola.net - Race Director MotoGP, Mike Webb, menyatakan GASGAS takkan mendapatkan hak-hak konsesi pada 2023. Webb menjelaskan bahwa GASGAS tidak dianggap sebagai 'pabrikan baru', melainkan sekadar sebagai 'merek baru'. Pasalnya, mereka akan menggunakan motor RC16, yakni motor yang juga dikendarai oleh para rider KTM.

GASGAS adalah pabrikan motor asal Spanyol yang diakuisisi oleh induk perusahaan KTM, Pierer Mobility AG, pada 2020. Mereka menjalani debut Grand Prix di Moto3 2021 bersama Aspar Team, dan proyek ini melebarkan sayap ke Moto2 pada 2022. Pada 2023, GASGAS akan berkolaborasi dengan Tech 3 Racing di MotoGP.

"Pada 2023, kita akan mendapati GASGAS di MotoGP. Mereka adalah Tech 3, yang pada 2022 bernama Tech 3 KTM. Mereka akan dikenal sebagai Tech 3 GASGAS. Seperti yang kita tahu, GASGAS adalah merek dari pabrikan KTM. Jadi, secara teknis, KTM dan GASGAS memakai motor yang sama," ujar Webb via MotoGP.com, Jumat (19/8/2022).

1 dari 3 halaman

Motor GASGAS Harus Sama Persis dengan Motor KTM

Pembalap GASGAS Factory Team, Augusto Fernandez (c) GASGAS

Pembalap GASGAS Factory Team, Augusto Fernandez (c) GASGAS

Webb menyatakan, mengingat GASGAS menggunakan motor yang sama persis dengan KTM di MotoGP 2023, maka motor mereka dianggap sebagai motor dari pabrikan yang sama pula, tak peduli pada fakta bahwa GASGAS dan KTM menjalani kompetisi ini dengan nama berbeda.

"Motor-motor mereka harus sesuai dengan regulasi MotoGP, harus benar-benar sama, karena mereka tetap merupakan satu pabrikan. Jadi, semua motor, tak peduli namanya, tetap merupakan motor yang secara teknis sama persis. Namun, motor itu (milik Tech 3) akan dikenal sebagai GASGAS," jelas Webb.

Alhasil, karena tak ada proses pengembangan terpisah antara KTM dan GASGAS, maka GASGAS tak berhak dapat hak-hak konsesi, misalnya jumlah tes tanpa batas, pemakaian sembilan mesin per musim, serta tak masuk dalam aturan engine freeze. Saat ini, sudah tak ada pabrikan MotoGP yang memiliki hak konsesi.

2 dari 3 halaman

Penghitungan Poin Konstruktor MotoGP vs Moto3

Pembalap GASGAS Factory Team, Pol Espargaro (c) GASGAS

Pembalap GASGAS Factory Team, Pol Espargaro (c) GASGAS

"Mengingat berdasarkan regulasi teknis motor KTM dan GASGAS wajib sama persis, maka tak ada proses pengembangan yang terpisah. Ini berarti tak akan ada konsesi untuk GASGAS. GASGAS bukanlah pabrikan baru, melainkan sekadar nama merek dari pabrikan yang sudah ada (KTM)," lanjut Webb.

Pria asal Selandia baru ini juga menyatakan bahwa sistem poin untuk tim-tim Pierer Mobility di MotoGP berbeda dari Moto3. Di kelas Moto3, Pierer Mobility memiliki beberapa tim, dan mereka turun dengan mesin-mesin bernama KTM, GASGAS, dan Husqvarna. Mereka semua juga menggunakan mesin-mesin KTM.

Meski begitu, di kelas teringan ini, Pierer Mobility memutuskan bahwa KTM, GASGAS, dan Husqvarna dipisahkan dalam penghitungan poin di klasemen konstruktor. Opsi ini uniknya tak mereka pilih di MotoGP, sehingga poin yang diperoleh GASGAS nantinya akan digabung dengan poin yang diperoleh KTM.

3 dari 3 halaman

Daftar Tim Balap Pierer Mobility AG di MotoGP, Moto2, dan Moto3 2023

Pembalap GASGAS Factory Team, Augusto Fernandez (c) GASGAS

Pembalap GASGAS Factory Team, Augusto Fernandez (c) GASGAS

MotoGP:
Red Bull KTM Factory Racing (KTM): Brad Binder, Jack Miller
Tech 3 GASGAS Factory Racing (GASGAS): Augusto Fernandez, Pol Espargaro

Moto2:
Red Bull KTM Ajo (Kalex): Pedro Acosta, Albert Arenas
GASGAS Aspar Team (Kalex): Jake Dixon, Izan Guevara
Liqui Moly Husqvarna Intact GP (Kalex): Darryn Binder, Lukas Tulovic

Moto3:
Red Bull KTM Ajo (KTM): Deniz Oncu, Jose Antonio Rueda
Red Bull KTM Tech 3 (KTM): Daniel Holgado, Filippo Farioli
Angeluss MTA Team (KTM): Stefano Nepa, Ivan Ortola
BOE Motorsport (KTM): David Munoz, Ana Carrasco
CIP Green Power (KTM): Lorenzo Fellon, Carlos Tatay
MT Helmets - MSI (KTM): Diogo Moreira, Syarifuddin Azman
GASGAS Aspar Team (GASGAS): Ryusei Yamanaka, David Alonso
Liqui Moly Husqvarna Intact GP (Husqvarna): Ayumu Sasaki, Colin Veijer

Sumber: MotoGP

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR