BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Jadi Kandidat Juara MotoGP, Johann Zarco: Ini Lebihi Ekspektasi!

06-07-2021 08:44 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Pramac Racing, Johann Zarco (c) Twitter/Pramac Racing
Pembalap Pramac Racing, Johann Zarco (c) Twitter/Pramac Racing

Bola.net - Pembalap Pramac Racing, Johann Zarco, tak menyangka akan menjalani MotoGP 2021 sebagai salah satu kandidat juara dunia. Kepada Crash.net, Senin (5/7/2021), Zarco mengaku hasil ini melebihi ekspektasi yang ia dan timnya patok pada awal musim. Kini ia pun berharap bisa meneruskan tren positif sampai seri terakhir.

Karier Zarco memang sempat di ujung tanduk usai minta KTM memutus kontraknya setahun lebih awal pada akhir 2019. Gagal dapat tempat di Honda, ia pun 'diselamatkan' oleh Ducati, yang meletakkannya di Esponsorama Racing pada 2020. Dengan motor ala kadarnya, ia justru meraih pole dan podium di Brno, Ceko.

Hasil itu meyakinkan Ducati untuk menaikkan pangkatnya ke Pramac Racing pada 2021 dan memberinya motor spek teranyar. Ia pun langsung menggebrak. Sejauh ini, ia punya empat trofi usai empat kali finis kedua. Kini ia duduk di peringkat kedua pada klasemen, tertinggal 34 poin dari Fabio Quartararo yang membela Monster Energy Yamaha.

1 dari 3 halaman

Merasa Tak Boleh Terlena

Johann Zarco dan Fabio Quartararo (c) Yamaha
Johann Zarco dan Fabio Quartararo (c) Yamaha

"Hasil ini lebih baik dari harapan, dan lebih baik dari yang saya targetkan pada awal musim. Namun, sekalinya ada di depan, Anda harus memanfaatkan kesempatan dan kini target final saya adalah memperebutkan gelar dunia dan menjadi juara MotoGP. Jadi, jika semuanya mendukung, saya harus cerdas dan mengejarnya," ungkap Zarco.

"Saya tak boleh lengah, harus memanfaatkan momen ini dan meraihnya. Saya kehilangan beberapa poin dari Fabio di Assen, namun memperlebar margin poin dari para rider yang ada di belakang saya. Kini saya berharap bisa kembali lebih kuat pada paruh kedua musim nanti demi jadi kandidat juara yang lebih nyata," lanjutnya.

Uniknya, Zarco juga pernah membela Yamaha lewat Tech 3 Racing pada 2017 dan 2018, dan meraih lima podium. Tapi ia yakin, dengan gaya balapnya, ia takkan bisa secepat Quartararo jika masih mengendarai YZR-M1. Rider Prancis ini merasa lebih cocok dengan Ducati dan atas alasan itulah ia sangat percaya diri bisa jadi juara.

2 dari 3 halaman

Dapat Rasa Percaya Diri dari Ducati

Pembalap Pramac Racing, Johann Zarco (c) Pramac Racing
Pembalap Pramac Racing, Johann Zarco (c) Pramac Racing

"Para rider Yamaha sangat kuat, namun jika pakai cara saya mengendarai Yamaha empat tahun lalu, maka saya takkan secepat Fabio di Assen. Fabio punya kepercayaan diri yang sangat tinggi. Saya pun dapat kepercayaan yang sama dari Ducati, dan saya sangat senang Ducati bisa memberikannya kepada saya secara bertahap," tuturnya.

"Tentu saya ingin lebih cepat percaya diri, namun perlahan terjadi kok. Saya hanya butuh waktu. Saya harus coba sabar karena ketika semuanya mendukung, saya sangat yakin bisa bertarung dengan Fabio di posisi terdepan sejak hari Jumat. Itulah target saya, yakni tampil kuat sejak Jumat dan lebih siap melawan Fabio," pungkas Zarco.

Zarco dan Quartararo beserta rider MotoGP lainnya kini tengah menjalani rehat musim panas selama lima pekan. Mereka akan kembali turun lintasan di Sirkuit Red Bull Ring yang akan menggelar Seri Styria dan Austria sekaligus, masing-masing pada 6-8 dan 13-15 Agustus mendatang.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Fabio Quartararo Menangi MotoGP Belanda 2021

KOMENTAR