BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Jack Miller Soal Baju Balap Fabio Quartararo: Makanya Jangan Banyak Makan Burger!

07-06-2021 10:54 | Anindhya Danartikanya

Jack Miller dan Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP Jack Miller dan Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Dengan karakter yang humoris, Jack Miller menyampaikan pesan kepada sang sahabat, Fabio Quartararo, yang jadi pusat perhatian akibat baju balap yang mendadak terbuka pada lap-lap akhir MotoGP Catalunya pada Minggu (30/6/2021). Pembalap Ducati Lenovo Team ini berpesan agar Quartararo tak banyak-banyak makan burger.

Seperti diketahui, ritsleting baju balap Quartararo terbuka pada 5-6 lap terakhir. Pada Lap 21, rider Monster Energy Yamaha ini kedapatan membuang pelindung dada di salah satu tikungan kanan. Pada Lap 23, yakni saat ia berduel dengan Miller untuk posisi ketiga, ia juga berusaha menutup baju balapnya, hingga melebar di Tikungan 1-2.

FIM Stewards pun menganggapnya sebagai aksi memotong jalur. Alhasil, meski melewati garis finis di posisi ketiga, Quartararo dijatuhi hukuman mundur tiga detik, hingga ia harus rela finis keempat. Miller sendiri tak terlalu senang naik podium dengan cara ini, namun juga tak kaget melihat Quartararo dihukum atas insiden di chicane tersebut.

1 dari 3 halaman

Sebut Fabio Quartararo 'Jahil'

"Saya tak terlalu kaget finis ketiga. Balapan ini berjalan baik bagi saya, saya menerapkan rencana dengan sempurna, bertarung di depan dan merasa fantastis. Saya beberapa kali berduel dengan Fabio, namun saat Johann menyalip, saya lihat Fabio melaju lurus di chicane, dan kita tahu apa aturannya," ujar Miller via Crash.net.

"Meski saya mengerem begitu lambat, saya masih bisa melewati chicane dengan baik, karena jika tidak, Anda harus mundur sedetik atau sejenisnya, atau dapat penalti long lap. Jadi, saat lihat Fabio melaju lurus di chicane, dan membuka gas, lalu kembali melaju di depan saya, saya berpikir, 'Wah, itu sih agak jahil'," lanjut The Thriller.

Lima jam usai balap, uniknya FIM Stewards menjatuhkan satu lagi hukuman mundur tiga detik kepada Quartararo, yang dinilai melakukan tindakan berbahaya karena berkendara dalam baju balap yang terbuka, sekaligus membuang pelindung dadanya. Dengan begitu, rider Prancis itu dinyatakan finis keenam.

2 dari 3 halaman

Harusnya FIM Stewards Juga Awasi Keselamatan Rider

Baju balap Fabio Quartararo terbuka dalam MotoGP Catalunya 2021. (c) MotoGP.com Baju balap Fabio Quartararo terbuka dalam MotoGP Catalunya 2021. (c) MotoGP.com

Lewat The Race, Miller pun bergurau bahwa baju balap yang terbuka itu kemungkinan disebabkan hobi Quartararo makan McDonald's setelah menjalani balapan, terutama saat meraih hasil baik. Namun, ia juga punya pesan serius kepada FIM Stewards, yang harusnya 'menawarkan' opsi kepada Quartararo untuk berhenti dan menutup ritsleting.

Miller menyatakan, terkadang pembalap bisa jadi tak berpikir jernih dalam menjalani balapan, hingga FIM Stewards harus tegas menindak mereka. "Kami semua ini pembalap, dan jika kami kebanyakan makan burger dan baju balap kami tahu-tahu terbuka, Anda kadang harus bilang bahwa kami harus berhenti," guraunya.

"Tentu kami semua bakal marah jika diminta berhenti, karena jika Anda jadi pembalap dalam posisi itu, Anda tak memikirkan soal keselamatan atau soal diri Anda sendiri. Anda hanya memikirkan hasil. Seseorang memang harus mengawasi kami karena kami sendiri tak bisa dipercaya," pungkas pembalap Australia berusia 26 tahun ini.

Sumber: Crashnet, The Race

3 dari 3 halaman

Video: Kebakaran Besar di Sirkuit MotoGP Argentina

KOMENTAR