BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Jack Miller: Semua Rider Ducati Girang 2 Kali Balapan di Austria, Tapi...

03-08-2021 11:45 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) Ducati Corse
Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) Ducati Corse

Bola.net - Rehat musim panas MotoGP yang berlangsung selama lima pekan akan segera berakhir, dan paruh kedua musim 2021 akan dimulai dengan dua balapan di Sirkuit Red Bull Ring, yakni untuk Seri Styria dan Austria, yang masing-masing digelar pada 6-8 dan 13-15 Agustus. Para rider ternyata punya opini berbeda-beda soal ini.

Tahun lalu, Red Bull Ring menggelar dua balapan sebagai solusi di tengah pandemi Covid-19. Tahun ini, rencananya trek itu hanya menggelar Seri Austria. Tapi pada Mei, Finlandia kembali batal jadi tuan rumah, dan Red Bull Ring diminta Dorna Sports untuk menggelar Seri Styria lagi. Namun, keputusan ini mengundang opini pro-kontra.

Rider Ducati Lenovo Team, Jack Miller, pun senang dua kali balapan di Red Bull Ring. Pasalnya, trek ini sangat bersahabat dengan Ducati. Sejak 2016, ada enam balapan yang digelar. Lima di antaranya dimenangkan Ducati, dan satu sisanya dimenangkan KTM. Miller sendiri tahun lalu dua kali naik podium dan ikut memperebutkan kemenangan.

"Jujur, saya lebih memilih rehat musim panas selama enam pekan," gurau Miller via Motorsport Total, Minggu (1/8/2021), usai tak pulang ke Australia demi menghindari proses karantina selama dua pekan. "Sudah jelas saya tak punya rasa benci pada Spielberg. Ketika balapan kedua di sana diumumkan, semua pembalap Ducati tersenyum."

1 dari 3 halaman

Aleix Espargaro Tak Suka Balapan 2 Kali di Trek yang Sama

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing
Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Di lain sisi, protes dilayangkan rider Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro. Ia mengaku bisa maklum mengapa keputusan dua kali balapan di Austria diambil, namun ia sendiri tak suka balapan dua kali di trek yang sama. Ia bahkan mengaku tak suka dua kali balapan di Aragon tahun lalu, meski itu adalah seri kandangnya.

"Saya bisa paham bahwa Dorna berusaha sekeras mungkin agar kejuaraan ini tetap berjalan di tengah-tengah pandemi Covid-19. Tapi secara pribadi saya tak suka balapan dua kali di trek yang sama dalam setahun. Saat kami dua kali balapan di Aragon tahun lalu pun, saya juga tak suka, meski itu trek favorit saya," ujarnya.

Selain itu, Espargaro juga tak terlalu sreg dengan tingkat keselamatan yang disajikan trek Red Bull Ring. Sejak kembali menggelar Grand Prix pada 2016, trek ini memang kerap dilabeli sebagai salah satu trek paling berbahaya di era modern MotoGP akibat layout-nya mengalir cepat dan dinding pembatasnya yang terlalu dekat dengan trek.

Tahun lalu bahkan terjadi dua insiden mengerikan, yakni tabrakan antara Johann Zarco dan Franco Morbidelli di Tikungan 2-3, yang mengancam nyawa Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Belum lagi Vinales juga sempat mengalami rem blong di Tikungan 1 pada balapan kedua, sampai harus menjatuhkan diri agar tak menabrak dinding.

2 dari 3 halaman

Sudah Sering Bicarakan Tingkat Keselamatan Austria

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Racing
Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Racing

Espargaro menyatakan Austria sudah sering jadi bahasan para rider dalam rapat Safety Commission, namun solusi tak kunjung ditemukan untuk jangka pendek. "Dalam rapat Safety Commission, berbagai opsi soal Austria sudah didiskusikan. Sayangnya, takkan ada modifikasi untuk 2021. Namun, akan ada pada 2022," ungkapnya.

Komentar senada dilontarkan rider Suzuki Ecstar sekaligus juara dunia MotoGP 2020, Joan Mir. "Takkan ada perubahan untuk tahun ini. Demi menghindari situasi berbahaya seperti tahun lalu, sederhana saja, sangat penting untuk tak melakukan hal-hal bodoh. Kami semua harus berkendara dengan tanggung jawab," tuturnya.

Miller pun punya ide yang sudah ia ajukan, namun sulit dilakukan dalam sekejap. "Saya lebih suka jika ada chicane usai tikungan pertama demi mereduksi kecepatan. Tapi memang mustahil melakukannya dalam waktu singkat. Saya rasa peristiwa tahun lalu takkan terjadi lagi, tapi saya takkan menolak jika ada chicane untuk memperlambat laju kami," pungkasnya.

Selain Red Bull Ring, trek lain yang menggelar dua balapan tahun ini adalah Sirkuit Portimao, Portugal. Trek ini sudah menggelar balapan pertama pada 16-18 April lalu, dan akan menggelar balapan kedua pada 5-7 November, dilabeli sebagai Grand Prix Algarve.

Sumber: Motorsport Total

3 dari 3 halaman

Video: Formula 1 Rilis Desain Mobil Terbaru untuk Musim 2022

KOMENTAR