Jack Miller-Fabio Quartararo, 2 Kawan Selisih Paham Soal Senggolan di Mandalika

Anindhya Danartikanya | 24 Maret 2022, 10:03
Jack Miller dan Fabio Quartararo (c) Ducati Corse, Yamaha MotoGP
Jack Miller dan Fabio Quartararo (c) Ducati Corse, Yamaha MotoGP

Bola.net - Dua rider yang diketahui berkawan baik, Jack Miller dan Fabio Quartararo, berselisih paham soal senggolan yang terjadi dalam balapan MotoGP Mandalika pada Minggu (20/3/2022). Keduanya berbeda pendapat soal aksi saling salip yang mereka lakukan pada Lap 2 dalam memperebutkan posisi kedua.

Dari posisi 9, Miller melakukan start dengan baik dan langsung merangsek ke posisi 3. Ia pun menyalip Quartararo di Tikungan 1 demi memperebutkan posisi 2. El Diablo pun hendak membalas, namun keduanya justru bersenggolan. Miller kemudian terlihat menoleh ke arah rider Prancis itu, tanda ia merasa tak senang.

Miller kemudian menyalip Oliveira pada lap yang sama di Tikungan 10, dan memimpin selama dua lap. Oliveira membalasnya pada Lap 5. Setelah itu, Miller melorot ke posisi keempat. Alhasil, ia harus puas finis di posisi tersebut, sementara Oliveira menang, diikuti Quartararo dan Zarco. Lewat MotoGP.com, Miller mengakui keberatan atas manuver Quartararo.

1 dari 2 halaman

Jack Miller Akui Yamaha Membelok Lebih Baik

"Itu bukanlah pertarungan. Saya hanya menyalipnya dan ia melajukan motornya ke sisi kaki saya. Jelas seperti yang ia lakukan juga kepada Johann. Saya rasa itu tidak perlu: sekalinya seseorang menyalip Anda dan Anda langsung berakselerasi menuju ban depannya. Saya bakal senang bicara dengannya soal ini karena itu tidak tepat," ujarnya.

"Juga pada Johann, Fabio menyalip dengan oke. Yamaha memang membelok dengan baik. Namun, tak berarti Anda bisa membuka gas dan melaju ke arah ban depan saya. Saya bisa jatuh, jadi itu tak adil. Ia berkendara di sisi baju balap saya. Itu risiko yang tidak perlu, apalagi masih di awal balapan sudah melaju ke kaki saya," lanjut Miller.

Quartararo sendiri heran apa yang sejatinya dipermasalahkan oleh The Thriller. Menurutnya, manuvernya wajar-wajar saja, meski ia tak mengira bakal menyenggol Miller. Rider berusia 22 tahun ini juga menyatakan senggolan mereka tak terlalu besar hingga tak membahayakan siapa pun. Ia bahkan menyebut dulu Miller kerap melakukan manuver lebih agresif.

2 dari 2 halaman

Fabio Quartararo Mengaku Tak Peduli

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) AP Photo

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) AP Photo

"Saya tak peduli, karena dulu ia juga salah satu rider yang suka melakukan manuver agresif. Manuver saya juga tak terlalu agresif. Saya hanya tak mengira bakal ada senggolan. Senggolan saya juga tak besar. Benar-benar sentuhan kecil. Entah apakah Anda nonton di TV, namun sebelum bicara dengan saya, lebih baik dia nonton dulu, karena saya tak melakukan kesalahan apa pun," tuturnya.

"Jack bicara dengan saya di atas motor, tapi saya tak bisa dengar. Saya lihat ia tak senang, tapi gerakan saya tak aneh seolah menyerangnya dengan buruk. Ia menyalip saya di Tikungan 1 dan melebar. Saya bakal tanya rider lain apakah manuver saya tidak menghormati. Namun, jika memang manuver saya buruk, saya minta maaf," pungkas Quartararo.

Miller dan Quartararo akan kembali berjumpa dalam MotoGP Argentina yang digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo pada 1-3 April mendatang. Mereka kemudian akan bertolak ke Circuit of The Americas, Austin, Texas, pada 8-10 April.

Sumber: MotoGP

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR