BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Jack Miller Dukung Darryn Binder ke MotoGP: Dia Lebih Berpengalaman daripada Saya

22-10-2021 08:40 | Anindhya Danartikanya

Jack Miller dan Darryn Binder (c) Ducati Corse, Petronas SRT
Jack Miller dan Darryn Binder (c) Ducati Corse, Petronas SRT

Bola.net - Seperti Jack Miller pada 2015, Darryn Binder harus menghadapi opini pro-kontra soal keputusannya menerima tawaran untuk melompat langsung dari Moto3 ke MotoGP pada 2022 mendatang. Meski begitu, Miller yang kini menjalani musimnya yang ketujuh di kelas para raja, sangat mendukung langkah Binder ini.

Meski sudah jadi rumor sejak pertengahan tahun, Binder resmi diumumkan membela WithU Yamaha RNF MotoGP Team musim depan pada Kamis (21/10/2021). Ia dapat kontrak pabrikan langsung dari Yamaha Motor Racing, berdurasi setahun dan punya opsi lanjutan untuk 2022. Namun, langkah ini menuai kontroversi.

Binder dinilai terlalu dini ke MotoGP, apalagi belum konsisten di papan atas Moto3. Namun, Miller punya opini berbeda. Rider Australia ini meyakini rider berusia 23 tahun itu memang harus menyambar tawaran dari Yamaha, karena kesempatan naik ke MotoGP tak didapat oleh semua orang dan tak datang dua kali.

1 dari 2 halaman

Kesempatan yang Tak Datang 2 Kali

Darryn Binder dan Lin Jarvis (c) Yamaha Motor Racing
Darryn Binder dan Lin Jarvis (c) Yamaha Motor Racing

Miller sendiri kerap menegaskan bahwa dirinya merasa tak perlu turun di Moto2 lebih dulu, seperti Binder. "Saya rasa, segala kekuatan ada pada Daz. Seperti yang saya yakini selama berkarier di MotoGP, jika Anda dapat kesempatan, lebih baik Anda mengambil dan mencobanya," ujarnya via Crash.net.

"'Kereta' ini tidak datang dua kali untuk banyak orang, jika Anda tahu maksud saya. Banyak orang tak dapat kans macam ini, mereka tak dapat kans mengendarai motor tercepat di dunia sembari melawan para rider terbaik dunia," lanjut Miller, yang kini membela Ducati Lenovo Team dan tengah duduk di peringkat 4 pada klasemen.

Rider 26 tahun ini juga menyatakan, gaya balap agresif Binder bakal membantunya beradaptasi pada motor-motor MotoGP yang tenaganya jauh lebih besar. Tak hanya itu, Miller juga menilai Binder sudah kerap mengendarai motor-motor besar, tak seperti dirinya pada 2015, ketika ia bahkan belum pernah mengendarai motor 600cc sekalipun.

2 dari 2 halaman

Sudah Sering Naik Motor-Motor Besar

Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) Ducati Corse
Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) Ducati Corse

"Jika Anda dapat kesempatan, mengapa tak ambil saja? Jika ada yang bisa melakukannya, saya rasa itu Daz. Ia punya gaya balap yang liar, bisa berkendara saat motornya bergerak-gerak. Jadi, saya tak merasa ini bakal jadi masalah. Ia punya lebih banyak pengalaman di atas motor besar ketimbang saya saat naik ke MotoGP," tutur Miller.

"Ia sudah sering naik superbike, 600cc, dan lainnya, meski tak ada yang bisa mempersiapkan diri Anda untuk MotoGP, karena motor-motor ini sangat jauh berbeda dari apa pun hingga Anda takkan pernah tahu apa yang terjadi sebelum Anda benar-benar mengendarainya. Jadi, lebih baik mencoba dan bergabung kemari," pungkasnya.

Pada Agustus lalu, Binder juga sudah diundang oleh YART untuk menjajal motor superbike YZF-R1 di Brno, Ceko, yakni saat rumornya ke MotoGP mulai menyeruak ke publik. Saat ini, ia tengah duduk di peringkat 6 pada klasemen Moto3 dengan 123 poin. Sepanjang kariernya, ia mengoleksi 6 podium, 1 kemenangan, dan 3 pole.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR