Inilah Wejangan Para Rider MotoGP untuk Iker Lecuona

Anindhya Danartikanya | 24 Oktober 2019, 14:46
Pebalap American Racing KTM, Iker Lecuona (c) American Racing
Pebalap American Racing KTM, Iker Lecuona (c) American Racing

Bola.net - Dalam jumpa pers di Sirkuit Phillip Island, Australia, pada Kamis (24/10/2019), untuk pertama kalinya Iker Lecuona berjejer dengan para rider MotoGP, seperti Marc Marquez, Valentino Rossi, dan Fabio Quartararo. Ketiga rider ini pun punya nasihat untuk Lecuona, yang akan membela Red Bull KTM Tech 3 tahun depan.

Keputusan KTM dan Tech 3 menggaet Lecuona diumumkan pagi ini, saat Lecuona bersiap menjalani pekan balap Moto2 bersama American Racing KTM. Padahal, tadinya pebalap berusia 19 tahun ini telah tanda tangan kontrak dengan Red Bull KTM Ajo untuk bertahan di Moto2 tahun depan.

Kepastian Lecuona naik ke MotoGP ini memang cukup mengejutkan, karena selain masih sangat muda, rider Spanyol tersebut baru meraih dua podium sepanjang kiprahnya di ajang Grand Prix. Seperti yang dilansir Crash.net, Marquez, Rossi, dan Quartararo pun punya saran-saran bijak untuknya musim depan.

1 dari 3 halaman

Marc Marquez - Repsol Honda

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Bukan rahasia lagi bahwa Marquez merupakan salah satu debutan paling sensasional di MotoGP. Bagaimana tidak? Ia langsung sukses meraih gelar dunia pada 2013 lalu. Meski kaget atas keputusan KTM ini, Marquez yakin mereka tak asal pilih saat menggaet Lecuona.

"Iker masih sangat muda, pengalamannya di kejuaraan dunia belum banyak, tapi jika KTM memberinya kesempatan ini, berarti mereka lihat sesuatu. Bakal menarik lihat progresnya. Tim Herve (Poncharal) punya pengalaman segudang, jadi ia akan diberi waktu dan takkan ada beban. Nikmati saja, dan coba belajar soal apa pun di MotoGP," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Valentino Rossi - Monster Energy Yamaha

Valentino Rossi dan Matteo Flamigni (c) Yamaha

Valentino Rossi dan Matteo Flamigni (c) Yamaha

Rossi, yang merupakan rider tertua di MotoGP saat ini dengan usia 40 tahun, juga akan berbagi trek dengan Lecuona musim depan. The Doctor pun memperingatkan Lecuona bahwa MotoGP sangat berbeda dengan Moto2, namun harus santai saja karena ia juga tak perlu lagi mempelajari trek baru.

"Pada akhirnya, di MotoGP Anda akan menemukan perbedaan besar (dibanding kelas lain), tapi juga ada persamaan: sebuah motor, trek yang sama. Jadi pahami saja motornya. Jelas limit motor kami lebih tinggi, motor kami punya lebih banyak grip, dan Anda bisa lebih ngotot. Tapi kita lihat saja nanti. Mungkin Fabio punya nasihat yang lebih baik untuk debutan!" ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Fabio Quartararo - Petronas Yamaha SRT

Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Quartararo sendiri juga menjalani musim debut yang sensasional musim ini. Meski belum meraih kemenangan, ia langsung konsisten bertarung di papan atas sejak awal musim. Rider yang juga kawan baik Lecuona ini bahkan telah meraih 6 podium dan 4 pole.

"Saya tak punya banyak pengalaman di MotoGP, tapi dalam uji coba pertama rasanya sangat aneh. Anda tak punya kendali pada motor, motorlah yang mengendalikan Anda! Uji coba tidak mudah, karena Anda tak tahu cara berkendara pada lap-lap pertama. Jadi santai saja. Tak mudah mengendarai MotoGP dengan cepat. Tapi jika ia menjalani semuanya secara bertahap, ia bisa cepat," tutupnya.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR