BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Ingin Kalahkan Brad Binder, Darryn Binder Minta Nasihat Andrea Dovizioso

25-01-2022 15:45 | Anindhya Danartikanya

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder (c) Yamaha Racing
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder (c) Yamaha Racing

Bola.net - Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder, senang akhirnya menyusul sang kakak, Brad Binder, berlaga di MotoGP 2022. Meski paham musim ini akan jadi masa-masa belajar, 'Daz' berharap bisa mengalahkan Brad suatu saat nanti. Hal ini ia katakan kepada GPOne usai peluncuran tim, Senin (24/1/2022).

Brad menjalani debut Grand Prix pada 2012 di Moto3, dan Darryn menyusul pada 2015. Selama dua musim, mereka berlaga di kelas yang sama, namun tak pernah berduel wheel-to-wheel. Usai merebut gelar 2016, Brad naik ke Moto2, dan kemudian naik ke MotoGP pada 2020 bersama Red Bull KTM Factory Racing.

Darryn pun secara menghebohkan mendapatkan kans menyusul kakaknya ke kelas tertinggi musim ini, dengan cara melompat langsung dari Moto3, tanpa menimba ilmu lebih dulu di Moto2. Keputusannya menerima tawaran Yamaha dan RNF juga dianggap kontroversial karena ia belum konsisten memperebutkan podium di Moto3.

1 dari 2 halaman

Ingin Sukses Seperti Sang Kakak

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) AP Photo
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) AP Photo

Darryn paham betul bahwa tugasnya beradaptasi di MotoGP sangat menumpuk, namun ia siap belajar tekun dan bekerja keras mengerahkan yang terbaik. Ia juga ingin merebut kemenangan seperti yang dilakukan Brad di MotoGP Ceko 2020 dan Austria 2021. Menurutnya, bakal menyenangkan jika mereka bisa berduel di trek.

"Target saya mengalahkan Brad," ujarnya sambil tertawa. "Bakal menyenangkan berkendara dengannya. Kami hanya melakukannya saat masih kecil di Afrika Selatan dan di Moto3. Tapi kala itu ia sudah jadi juara, sementara saya baru memulai karier. Kami tak pernah benar-benar balapan bareng. Saya pun ingin mencapai level suksesnya."

Darryn juga mengaku akan meminta banyak nasihat dari Brad dalam beradaptasi di MotoGP, meski Brad membela pabrikan yang berbeda. Namun, Darryn juga menyadari bahwa nasihat terbaik bisa didapatkan dari sang tandem, Andrea Dovizioso, yang sudah sangat berpengalaman dan merupakan tiga kali runner up.

2 dari 2 halaman

Makin Sering Latihan Pakai Yamaha R1

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder dan Andrea Dovizioso (c) MotoGP.comPembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder dan Andrea Dovizioso (c) MotoGP.com

"Saya rasa orang terbaik yang bisa diajak ngobrol soal MotoGP adalah Dovi. Kami punya motor yang sama, dan ia punya banyak pengalaman. Tapi saya juga akan membicarakannya secara umum dengan Brad," ungkap pembalap berusia 23 tahun yang akan mengendarai YZR-M1 versi 2021 ini.

Darryn juga menyatakan kini jadi jauh lebih rajin berlatih fisik demi bisa mengendalikan motor MotoGP yang tenaganya lebih besar. Belakangan, ia makin sering mengendarai motor superbike Yamaha R1. "Selama musim dingin, saya pulang ke Afrika Selatan. Saya pun berlatih di gym lebih sering dari biasanya," ujarnya.

"Pasalnya, saya harus mencoba meningkatkan kekuatan tubuh saya. Saya juga mengendarai R1 demi membiasakan diri pada motor-motor yang lebih besar. R1 tidaklah terlalu berbeda dari MotoGP (M1), dan motor itu adalah motor yang paling mendekati M1. Saya pun menikmatinya," pungkas Darryn.

Sumber: GPOne

KOMENTAR