BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Iker Lecuona-Xavi Vierge Resmi Bela Honda di WorldSBK 2022

26-10-2021 15:33 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Iker Lecuona (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Iker Lecuona (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)

Bola.net - Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing MotoGP, Iker Lecuona, dan pembalap Petronas Sprinta Racing Moto2, Xavi Vierge, resmi akan meninggalkan paddock Grand Prix demi membela Team HRC di WorldSBK 2022. Hal ini diumumkan oleh Honda Racing Corporation (HRC) pada Selasa (26/10/2021).

Lecuona yang turun di MotoGP sejak 2020, terdepak dari Tech 3 dan KTM usai pabrikan Austria ini memilih Raul Fernandez sebagai tandem Remy Gardner tahun depan. Meski belum meraih podium di kelas para raja, ia mengalami progres positif pada paruh kedua musim ini. Saat turun di Moto2, ia mengoleksi dua podium.

Vierge saat ini tengah menjalani tahunnya yang keenam di Moto2, meski sempat menjalani setengah musim pada 2015. Saat ini ia membela Petronas Sprinta Racing, dan meraih total empat podium dan tiga pole dalam kariernya.

1 dari 2 halaman

Gantikan Alvaro Bautista dan Leon Haslam

Pembalap Petronas Sprinta Racing, Xavi Vierge (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Sprinta Racing, Xavi Vierge (c) Petronas SRT

Lecuona dan Vierge pun menggantikan posisi Alvaro Bautista dan Leon Haslam, yang sudah bertandem selama dua musim belakangan untuk mengembangkan CBR1000RR yang belum juara lagi sejak 2007 lewat James Toseland.

Selama menandemkan Bautista dan Haslam, Team HRC baru meraih tiga podium, yang ketiganya diraih lewat Bautista usai finis ketiga di Seri Aragon 2020, Seri Catalunya 2021, dan Seri Spanyol 2021.

Bautista sendiri akan kembali ke Aruba.it Racing Ducati, menggantikan Scott Redding yang hengkang ke BMW Motorrad WorldSBK. Meski begitu, belum diketahui bagaimana masa depan Haslam.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Resmi HRC

"Honda sangat senang bisa mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan para rider Spanyol, Iker Lecuona dan Xavi Vierge, untuk berkompetisi dengan tim resmi WorldSBK mereka di atas motor pabrikan Honda CBR1000RR-R Fireblade.

"Iker Lecuona, rider 21 tahun asal Valencia, menjalani debut di Moto2 pada 2016, dan saat ini tengah berkompetisi pada tahun keduanya di MotoGP, sementara rider 24 tahun, Xavi Vierge, lahir di Barcelona, dan saat ini sedang menjalani musim keenamnya di Moto2.

"Usai dua tahun menjalani kolaborasi yang menegangkan dan berharga, Honda berterima kasih kepada Leon Haslam atas kontribusi pentingnya pada proyek Superbike mereka dan mengharapkan yang terbaik untuk masa depannya."

Sumber: Honda Racing Corporation

KOMENTAR