BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Hore! Cedera Mata Pulih, Marc Marquez Sudah Boleh Latihan Motocross

14-01-2022 09:38 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Kabar baik datang dari Marc Marquez. Rider Repsol Honda MotoGP tersebut resmi dinyatakan pulih dari cedera diplopia alias penglihatan ganda pada mata kanannya. Honda Racing Corporation pada Kamis (13/1/2022) pun menyatakan bahwa ia sudah diizinkan untuk berlatih di atas motocross.

Seperti yang diketahui, sejak Juli 2020, Marquez dirundung cedera patah tulang lengan kanan, meski sudah dapat izin untuk kembali balapan pada 2021. Sepanjang musim, ia pun meraih empat podium, termasuk tiga kemenangan. Sayang, ketika kekuatannya mulai pulih, ia justru dirundung diplopia.

Cedera ini didapat Marquez pada akhir Oktober, usai jatuh ketika berlatih motor off-road dengan rider enduro, Josep Garcia. Kepala Marquez terbentur, dan diplopia yang pertama kali ia alami akibat kecelakaan di Sepang pada 2011 pun kambuh. Alhasil, ia absen dari Seri Algarve dan Valencia, serta uji coba pascamusim di Jerez.

1 dari 2 halaman

Pemulihan Tanpa Operasi

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Diplopia yang dialami Marquez satu dekade lalu harus diatasi dengan operasi, mengingat ada kelumpuhan saraf keempat pada matanya. Namun, dr. Sanchez Dalmau, yang menangani cedera Marquez baik pada 2011 maupun 2021, kali ini memutuskan melakukan perawatan 'konservatif' alias tanpa operasi.

Kini, usai tiga bulan tak mengendarai motor apa pun, akhirnya Marquez diizinkan berlatih motocross. Ia pun melakukannya di Ponts Circuit, Lleida, yang letaknya tak jauh dari tempat tinggalnya, Cervera. HRC pun menyatakan bahwa dalam waktu dekat, rider berusia 28 tahun tersebut akan latihan di lintasan beraspal.

Meski begitu, HRC belum bisa memastikan apakah Marquez akan hadir dalam uji coba pramusim di Sepang dan Mandalika, yang masing-masing digelar pada 5-6 dan 11-13 Februari mendatang. Berikut pernyataan resmi HRC.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Resmi HRC

"Marc Marquez telah menjalani pemeriksaan medis dengan dr. Sanchez Dalmau pada Senin demi menganalisa situasi pada diplopia yang ia alami. Sang ahli mata mengonfirmasi adanya peningkatan yang jelas pada penglihatan sang delapan kali juara dunia.

"Dengan progres ini, sang rider Repsol Honda mendapatkan izin untuk mengendarai motor dan motocross, yakni disiplin paling menuntut fisik di dunia roda dua. Sang rider Spanyol ini pun kembali berkendara di Ponts Circuit (Lleida).

"Usai menjalani beberapa kali putaran, sensasi dan perasaannya di atas motor pun lebih dari sekadar optimistis. Langkah selanjutnya bagi Marquez adalah berkendarai di trek aspal."

Sumber: Honda Racing Corporation

KOMENTAR