BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Honda Tolak Serahkan NSR500 ke Valentino Rossi: Tetap Disimpan di Museum

07-12-2021 09:10 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi foto bareng 9 motor juaranya di Grand Prix. (c) Twitter/MotoGP
Valentino Rossi foto bareng 9 motor juaranya di Grand Prix. (c) Twitter/MotoGP

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, menyatakan bahwa Honda Racing Corporation (HRC) tetap tidak akan menghibahkan motor NSR500 kepada Valentino Rossi, meski motor itu mengantarkan The Doctor menjuarai GP500 pada 2001 lalu. Hal ini ia sampaikan via Corsedimoto, Senin (6/12/2021).

Kebanyakan kontrak menyebut bahwa pembalap berhak memiliki motornya jika berhasil jadi juara. Rossi pun mendapatkan dua motor Aprilia dan empat motor Yamaha-nya sejak lama. Sayang, ia tak pernah dapat tiga motor Honda yang pernah ia kendarai. Padahal, juara Honda lainnya mendapatkan motor balap mereka masing-masing.

Rossi pun akhirnya mendapati sembilan motornya berjejer untuk pertama kali dalam MotoGP Valencia pada November lalu, yakni pekan balap terakhirnya di Grand Prix. Saat sesi pemotretan, Rossi terlihat berbintang dengan Puig. Ia meminta pria Spanyol itu merayu para pimpinan HRC untuk menyerahkan motor Hondanya.

1 dari 2 halaman

Sudah Janji akan Rawat NSR500 Baik-Baik

Valentino Rossi - Nastro Azzurro Honda (c) MotoGP.comValentino Rossi - Nastro Azzurro Honda (c) MotoGP.com

Rossi tak berharap dapat tiga motor sekaligus, tapi sangat mendambakan NSR500. "Saya sudah bicara dengan Alberto, dan saya minta minimal yang 500cc, karena motor itu adalah motor saya yang sesungguhnya. Itulah motor yang seharusnya diberikan Honda kepada saya," tuturnya dalam sesi jumpa pers di Valencia kala itu.

"Sejak dulu, saya sudah siap menerimanya, bahkan sudah menyediakan tempat di rumah. Tapi atas alasan tertentu, motor itu tak pernah datang. Saya bakal senang jika Honda berubah pikiran dan memberikan motor itu. Saya janji akan saya rawat baik-baik, dengan temperatur yang ideal, bakal punya tempat yang baik di rumah saya!" tutupnya.

Namun, Puig menyatakan bahwa ada beberapa komplikasi di HRC yang membuat mereka tak bisa menyerahkan NSR500 kepada Rossi. Puig menolak membeberkan detail alasannya, namun menyatakan bahwa motor NSR500 sama berharganya bagi pabrikan Sayap Tunggal itu, hingga akan tetap disimpan di markas mereka yang ada di Belgia.

2 dari 2 halaman

Valentino Rossi akan Selalu Dikenang

Lin Jarvis, Valentino Rossi, Alberto Puig, dan Massimo Rivola (c) Petronas SRTLin Jarvis, Valentino Rossi, Alberto Puig, dan Massimo Rivola (c) Petronas SRT

"Ini adalah kisah yang rumit, jadi saya takkan memberikan jawaban. Tapi bisa dikatakan bahwa motor ini sangat penting bagi kami juga, dan kami menyimpannya di museum. Honda sangat bangga atas semua gelar yang mereka raih, termasuk gelar Vale. Jadi, kami akan menyimpan 'trofi' itu di 'rumah' kami," ujar Puig.

Dalam wawancara yang sama, Puig juga ditanyai soal dampak apa yang bisa dialami MotoGP saat tak ada lagi Rossi di grid-nya. "Ada banyak pembalap hebat dalam sejarah olahraga ini. Vale adalah salah satunya, namun juga benar bahwa hidup terus berlanjut dan generasi terus berganti," tuturnya.

"Saya rasa orang-orang penting dalam kompetisi ini akan selalu dikenang. Meski begitu, saya rasa kompetisi kami takkan terdampak. Namun, saya yakin Vale akan terus diingat dalam sejarah balap motor sebagai salah satu yang terbaik," pungkas eks manajer pribadi Dani Pedrosa ini.

Sumber: Corsedimoto

KOMENTAR