Honda: Pemulihan Marc Marquez Pelan-Pelan Saja, Diperiksa Tiap 2-3 Pekan Sekali

Anindhya Danartikanya | 8 Juni 2022, 11:35
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) AP Photo
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) AP Photo

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, memberikan indikasi bahwa Marc Marquez takkan cepat-cepat kembali berlaga di MotoGP usai operasi lengan atas (humerus) kanan untuk keempat kalinya di Minnesota, Amerika Serikat. Lewat rilis resmi tim, Puig menyebut Marquez akan menjalani pemulihannya secara perlahan.

Seperti yang diketahui, tulang humerus Marquez patah usai kecelakaan di MotoGP Jerez, Spanyol, pada 2020. Dalam kurun enam bulan, ia harus menjalani tiga operasi sekaligus. Sayang, lengannya tak pernah pulih betul sampai kini, sehingga para dokternya mempertimbangkan operasi keempat di Minnesota.

Marquez menjalani operasi yang dipimpin oleh dr. Joaquin Sanchez Sotelo tersebut pada 2 Juni 2022, dan sudah pulang ke Madrid, Spanyol, pada Senin (6/6/2022). Kini ia akan memulai proses pemulihan lebih intensif, dan sesuai pernyataannya di Mugello, Italia, dua pekan lalu, ia tak mau buru-buru kembali berkendara.

1 dari 2 halaman

Hindari Komplikasi

"Operasi Marc berjalan baik, dr. Sanchez Sotelo sangat puas dan Marc kini sudah pulang ke Spanyol. Ia akan memulai pemulihannya pelan-pelan saja, mengikuti instruksi dari dokter. Kami pun sangat senang ia sudah pulang, dan ia bisa mulai memikirkan pemulihan humerus kanannya," ujar Puig.

Selama di Spanyol, Marquez akan terus dipantau oleh dr. Samuel Antuna, yang erat bekerja sama dengan dr. Sanchez Sotelo. Ia akan menjalani pemeriksaan medis setidaknya setiap 2-3 pekan sekali. "Dokter bilang Marc harus melakukan segalanya secara bertahap," lanjut Puig, yang merupakan eks manajer pribadi Dani Pedrosa.

"Ia akan menjalani pemeriksaan berkala bersama dr. Samuel Antuna di Spanyol. Kedua tim medis bekerja sama dengan dekat, dan ini sangat penting. Mereka akan mengevaluasi situasi kurang lebih 2-3 pekan sekali. Prioritasnya saat ini adalah menyembuhkan tulang dan menghindari komplikasi lebih lanjut," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Sebut Takaaki Nakagami 'Beruntung'

Takaaki Nakagami saat dirawat di Rumah Sakit Dexeus, Barcelona, usai kecelakaan di MotoGP Catalunya 2022. (c) Twitter/Takaaki Nakagami

Takaaki Nakagami saat dirawat di Rumah Sakit Dexeus, Barcelona, usai kecelakaan di MotoGP Catalunya 2022. (c) Twitter/Takaaki Nakagami

Puig juga mengomentari kecelakaan yang dialami Takaaki Nakagami bersama Alex Rins dan Pecco Bagnaia di Tikungan 1 pada lap pembuka dalam MotoGP Catalunya. Nakagami diketahui dirawat inap di Rumah Sakit Dexeus usai mengalami rasa sakit di leher dan lebam di wajah. Puig pun lega cederanya tak sampai parah.

"Kecelakaan Taka sangat besar. Ia sangat beruntung. Ia pergi ke rumah sakit dan berada dalam observasi di ICU selama 24 jam. Ia kini sudah dipindahkan, dan mungkin pada Selasa akan diizinkan pulang. Kami minta maaf sebesar-besarnya kepada Alex Rins dan Pecco Bagnaia yang terlibat dalam insiden itu," tutup Puig.

Sementara Marquez tak diketahui kapan akan kembali mengaspal, Nakagami sendiri menargetkan sudah cukup bugar untuk kembali turun lintasan dalam MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring pada 17-19 Juni 2022 mendatang.

Sumber: Honda Racing Corporation

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR