Honda Minta Marc Marquez Tak Remehkan Valentino Rossi di MotoGP 2020

Anindhya Danartikanya | 31 Januari 2020, 15:40
Valentino Rossi dan Marc Marquez (c) AP Photo
Valentino Rossi dan Marc Marquez (c) AP Photo

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, yakin banyak pebalap yang tahun ini bisa mempersulit langkah Marc Marquez mempertahankan gelar dunia MotoGP. Meski begitu, kepada La Vanguardia, Puig menyebut Valentino Rossi adalah lawan yang paling sulit 'dibaca'.

Puig mengaku mengantisipasi duet muda Yamaha Fabio Quartararo dan Maverick Vinales, serta rider muda Suzuki, Alex Rins, yang tahun lalu kerap menantang Marquez dalam berebut kemenangan. Ia juga yakin rider Ducati, Andrea Dovizioso, masih bakal mengancam.

"Ada banyak rider yang bisa tampil baik musim ini. Fabio menjalani 2019 dengan sangat baik. Maverick akan tampil kuat. Kami juga harus lihat apakah Dovi bisa kembali ke levelnya pada 2018. Suzuki bisa mengalami kemajuan. Anda tak bisa meremehkan siapa pun," ungkapnya.

1 dari 2 halaman

Situasi Valentino Rossi Tak Biasa

Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig (c) HRC

Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig (c) HRC

Meski begitu, ada satu nama lagi yang menurut Puig harus diawasi Marquez, yakni rider Yamaha, Valentino Rossi. Pria asal Spanyol ini menyebut Rossi sering melakukan aksi-aksi tak tertebak, yang bisa menyulitkan misi Marquez, meski ia akan berusia 41 tahun pada 16 Februari mendatang.

"Valentino adalah lawan yang sulit dibaca, karena ia adalah rider fenomenal. Situasinya sungguh tak biasa: Ia bukan lagi rider muda, tapi melaju sangat cepat. Ia belum kehilangan ambisi atau semangat. Mungkin kecepatannya agak berkurang, tapi dia itu monster balapan," ujar Puig.

2 dari 2 halaman

Masih Punya Talenta Besar

Rossi sendiri belum menang lagi sejak MotoGP Belanda 2017, dan hanya meraih dua podium sepanjang 2019. Meski begitu, Yamaha tampak sangat serius membenahi masalah teknis pada YZR-M1, dan hal ini diyakini Puig bisa membantu The Doctor bangkit dari keterpurukan.

"Valentino adalah orang yang bisa mengejutkan Anda, dan Anda takkan pernah bisa meremehkannya. Ia mungkin sudah tak lagi terlalu konsisten di depan, tapi ia masih punya talenta dan rasa lapar yang besar. Jadi saya tak bisa bilang ia takkan kompetitif," tutupnya.

Marquez, Rossi, dan pebalap MotoGP lainnya akan kembali bertemu dalam uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 7-9 Februari mendatang.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR