BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Honda Itu Motor Buruk, Tapi Marc Marquez Tetap Bisa Juara'

03-06-2020 09:35 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Bola.net - Legenda AMA Supercross, Chad Reed, mengaku sebagai salah satu orang yang meyakini bahwa motor Honda RC213V merupakan salah satu motor terburuk yang ada di MotoGP. Meski begitu, keburukan motor itu justru tertutupi oleh talenta dan kemampuan hebat Marc Marquez.

Sejak 2013, memang hanya Marquez rider Honda yang mampu merebut gelar dan mendominasi satu musim dengan begitu banyak kemenangan. Rider Honda lainnya juga bisa menang, namun tak mampu menyaingi dominasi sang delapan kali juara dunia.

Hal ini bahkan diakui oleh rider LCR Honda, Cal Crutchlow, yang meski sukses merebut tiga kemenangan, secara blak-blakan menyebut RCV sebagai salah satu motor yang tersulit dikendarai. Ia bahkan sangat vokal menyuarakan keinginannya mengubah RCV agar lebih bersahabat untuk rider lain, terutama untuk rider muda.

1 dari 3 halaman

Marquez Terlalu Hebat Sampai Terkesan 'Brengsek'

Chad Reed dan Valentino Rossi (c) MotoGP.com Chad Reed dan Valentino Rossi (c) MotoGP.com

"Saya rasa Marc terlalu hebat. Ketika Anda mengendarai salah satu motor paling buruk di paddock, meskipun Honda adalah Honda... Kadang saya merasa beruntung bisa punya beberapa kawan di paddock (MotoGP) yang bisa diajak mengobrol di balik layar!" ujar Reed kepada The Race.

Reed yang berkawan baik dengan Marquez, juga mengaku takjub pada kelihaiannya di lintasan. Salah satu momen yang sangat ia ingat adalah saat Marquez bertarung sengit dan mengalahkan Fabio Quartararo di lap terakhir di Misano dan Thailand tahun lalu.

"Marc membelokkan setir kapal menuju arah yang ia mau, seperti yang dilakukan sebuah pabrikan saat Anda menang. Tapi, sialan, dia memang hebat juga. Tahun lalu, saat Fabio ada di lap terakhir, Marc membuat kemenangannya tampak terlalu mudah, sampai-sampai Anda berpikir, 'Dasar brengsek!'" ungkap pria Australia ini.

2 dari 3 halaman

Berharap Rider Lain Bikin MotoGP Lebih 'Seru'

Reed bahkan yakin Marquez bisa merebut gelar dunianya yang kesembilan pada 2020, menyamai rekor Valentino Rossi. Meski begitu, ia berharap rider-rider lainnya bisa memberikan pertunjukan lebih seru dengan cara mempersulit langkah Marquez di papan atas.

"Saya rasa ia akan juara lagi, tapi saya harap rider lainnya bisa menciptakan sesuatu. Tampaknya Ducati mengalami peningkatan di tikungan, tapi hal macam itu membuat area lain jadi berkurang. Apakah mereka masih bisa mengerem dan berakselerasi sebaik dulu? Kita lihat saja nanti," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Video: Debut di MotoGP Virtual Race, Jorge Lorenzo Langsung Menang

KOMENTAR