BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Honda Bantah Siasati Penghapusan Wildcard Karena Dendam pada Jorge Lorenzo

26-05-2020 10:35 | Anindhya Danartikanya

Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) MotoGP.com Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo (c) MotoGP.com

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, akhirnya menanggapi komentar test rider Ducati Corse, Michele Pirro, yang sempat menuduh Honda menghasut Grand Prix Commission (GPC) untuk menghapus partisipasi wildcard di MotoGP 2020 hanya karena dendam pada Jorge Lorenzo.

Komentar Pirro ini dipublikasi pertama kali oleh Motosprint pada Minggu (17/5/2020), di mana rider Italia itu menyebut Honda ingin membuat Lorenzo kapok karena memilih pensiun pada akhir 2019, memutus kontraknya setahun lebih awal dengan Honda, dan kemudian menerima tawaran menjadi test rider Yamaha.

Akibat penghapusan partisipasi wildcard ini, Lorenzo dan semua test rider MotoGP juga tak bisa menjalani balapan tahun ini, mengingat keputusan tersebut diambil seiring keinginan Dorna Sports menekan jumlah pekerja di paddock jika musim balap dimulai pada Juli nanti.

1 dari 3 halaman

Sebut Komentar Pirro Memalukan

Jorge Lorenzo dan Michele Pirro saat membela Ducati pada 2017. (c) Ducati Jorge Lorenzo dan Michele Pirro saat membela Ducati pada 2017. (c) Ducati

"Saya sangat kecewa. Mengambil keputusan sedini ini menurut saya tidak tepat. Entah apakah ini adalah cara mereka untuk mendorong seseorang 'membayar' atas 'sesuatu' yang sudah ia lakukan. Mungkin Honda ingin membuat Jorge kapok karena telah kembali ke Yamaha," ujar Pirro kala itu.

Puig pun menyebut komentar Pirro 'memalukan' dan 'tak pantas', mengingat semua pabrikan peserta MotoGP telah menjalani banyak rapat secara daring, berusaha keras mengesampingkan kepentingan masing-masing demi MotoGP 2020 tetap bisa digelar meski di tengah pandemi virus corona.

"Komentar itu memalukan dan tak pantas. Saya tak paham dari mana ia dapat pikiran itu. Honda, seperti semua pabrikan di MotoGP, bekerja sangat keras demi memahami peluang menggelar musim balap. Kami menjalani banyak rapat dalam periode ini demi mendapat kesepakatan dengan semua pabrikan," ujarnya via Crash.net.

2 dari 3 halaman

Tegaskan Honda Hormati Jorge Lorenzo

Alberto Puig (c) Honda Global Alberto Puig (c) Honda Global

Puig pun menyatakan Honda telah memutuskan tak mengaplikasikan berbagai terobosan teknologi demi kebaikan MotoGP, mengingat GPC telah memutuskan untuk membekukan pengembangan motor sampai 2021 mendatang.

"Kami telah melakukannya demi kebaikan olahraga ini, demi mempertahankan kesetaraan di antara semua pabrikan. Ini tak mudah, kami semua harus beradaptasi, demi kembali menjalankan kejuaraan dunia seperti sediakala," ungkapnya.

"Inilah mengapa sangat menyakitkan saat ada orang yang membela tim pabrikan justru memberi komentar macam ini dalam masa yang sulit dan kritis bagi semua orang. Saya yakin Pirro harusnya tahu Honda menghormati Lorenzo. Kami mengakhiri kerja sama tahun lalu dengan cara yang baik dan terhormat, dan kami mengharapkan yang terbaik untuknya," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Video: Marc Marquez Optimistis MotoGP 2020 Dimulai Pertengahan Juli

KOMENTAR