BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Honda Bangga MotoGP Tak Ragu-Ragu Seperti F1 Soal Tunda Musim 2020

31-03-2020 10:10 | Anindhya Danartikanya

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta (c) MotoGP.com CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta (c) MotoGP.com

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, bangga promotor MotoGP, Dorna Sports, sangat tegas dan cepat merespons penyebaran pandemi virus corona (Covid-19), tak seperti Liberty Media yang ragu-ragu dalam menunda musim Formula 1. Hal ini ia sampaikan via Motorsport.com.

Per Selasa (31/3/2020) pagi, Covid-19 tercatat menginfeksi lebih dari 780.000 orang dan merenggut lebih dari 37.000 jiwa di seluruh dunia. Pandemi ini juga memaksa berbagai gelaran internasional, termasuk kejuaraan olahraga bergengsi untuk dibatalkan dan ditunda, termasuk lima seri pertama MotoGP dan delapan seri pertama F1.

Saat MotoGP telah membatalkan Seri Qatar dan menunda Seri Thailand, Austin, dan Argentina (Jerez menyusul), F1 justru memancing kontroversi dengan ngotot menggelar seri pertama di Australia pada 13-15 Maret lalu. Namun, gelaran ini dibatalkan hanya beberapa jam sebelum sesi latihan pertama digelar, akibat McLaren mengundurkan diri usai salah satu krunya dinyatakan positif Covid-19.

1 dari 3 halaman

Dorna Sports Evaluasi Semua Situasi

Atas alasan inilah Puig mengaku bangga pada Dorna Sports, yang telah tegas menghadapi situasi kritis ini. "Saya rasa kami harus sangat bangga pada pengelola kejuaraan kami," ungkap eks manajer pribadi Dani Pedrosa ini.

"Dorna melakukan semuanya dengan kepala jernih, secara bertahap, dan selalu mendengarkan opini otoritas kesehatan. Mereka mengevaluasi apa yang bisa dan tak bisa dilakukan. Sangat menarik melihat semua grup yang bekerja di kejuaraan ini telah dilindungi," lanjutnya.

Puig bahkan menyebut Dorna lebih tegas daripada panitia Olimpiade Tokyo 2020, yang baru memutuskan menunda gelaran pekan lalu. "Jika dibandingkan dengan F1, dengan institusi sepak bola, atau Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang justru ragu-ragu, Dorna telah melakukan apa yang seharusnya memang dilakukan," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Carmelo Ezpeleta Bersikap Cerdas

Puig juga melontarkan pujian kepada CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, yang berusaha dengan baik mengutamakan kesehatan dan keselamatan para peserta dan stafnya, serta selalu berpikir terbuka dengan mendengarkan saran para ahli kesehatan di tiap negara.

"Sejak momen pertama, Dorna sudah menyadari betapa besarnya masalah ini. Atas alasan itulah, Anda harus benar-benar punya pikiran yang jernih, bersikap cerdas, dan itulah Carmelo Ezpeleta," pungkas Puig.

3 dari 3 halaman

Video: Marc Marquez Dikalahkan Sang Adik di MotoGP Virtual Race

KOMENTAR