BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Honda: Alex Marquez Sukses Lampaui Ekspektasi Banyak Orang

17-12-2020 11:30 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez (c) AP Photo
Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez (c) AP Photo

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, melempar pujian untuk Alex Marquez, yang menurutnya sukses melampaui ekspektasi banyak orang dalam menjalani debut di MotoGP 2020. Hal ini disampaikan Puig lewat situs resmi kejuaraan pada Rabu (16/12/2020).

Seperti diketahui, Marquez diminta membela Repsol Honda tahun ini usai Jorge Lorenzo mendadak mengumumkan pensiun pada akhir 2019. Meski merupakan juara dunia Moto3 2014 dan Moto2 2019, ia kerap diremehkan banyak orang hanya karena ia adik dari Marc Marquez.

Nyatanya, meski menjalani awal musim ini dengan terlambat panas, Marquez justru mengalami lonjakan performa pada pertengahan musim. Meraih dua podium usai finis kedua di Le Mans dan Aragon, dalam dua kondisi cuaca berbeda, yakni hujan dan cerah.

1 dari 3 halaman

Tahu-Tahu Bertarung di Papan Atas

Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez (c) HRC
Pembalap Repsol Honda, Alex Marquez (c) HRC

Tak hanya itu, Marquez pun menjadi satu-satunya rider Honda yang sukses meraih podium tahun ini. Menjelang akhir musim, rider 24 tahun itu juga menunjukkan performa yang kompetitif. Atas alasan ini, Puig pun mengaku takjub melihat Marquez tiba-tiba mampu bertarung di depan.

"Saya rasa, sebagai debutan, Alex bekerja dengan sangat baik. Pada awal musim, ia kurang percaya diri. Namun, pada pertengahan musim, ia mengalami kemajuan, dan tiba-tiba menjadi sangat cepat. Tiba-tiba saja ia berkendara melawan para rider papan atas," ungkapnya.

Meski gagal menyabet gelar debutan terbaik, Marquez pun tetap dianggap Puig sukses melampaui ekspektasi Honda, karena tak sedikit orang yang tadinya ragu bahwa ia bisa beradaptasi dengan RC213V yang selama ini dikenal hanya bersahabat dengan sang kakak.

2 dari 3 halaman

Juga Puji Lonjakan Performa Takaaki Nakagami

Pembalap LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami (c) Facebook/LCR Honda
Pembalap LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami (c) Facebook/LCR Honda

"Dari sudut pandang Honda dan saya, Alex mengalami kemajuan yang sangat baik. Bahkan mungkin lebih baik dari ekspektasi banyak orang. Jadi, kami sangat puas atas progresnya," ungkap Puig, yang juga eks manajer pribadi Dani Pedrosa ini.

Dalam wawancara yang sama, Puig juga memberikan pujian kepada Takaaki Nakagami. Meski belum juga meraih podium perdananya, rider LCR Honda Idemitsu tersebut menunjukkan lonjakan performa yang mencolok dan menjadi kuda hitam di MotoGP 2020.

"Soal Taka, ia juga mengalami kemajuan yang sangat baik, membuktikan dirinya bisa bertarung dengan para rider top. Ia kerap start dari barisan terdepan, dan secara umum, Taka menjalani musim yang sangat baik," pungkas Puig.

Sumber: MotoGP

3 dari 3 halaman

Video: Ikut Jejak Ayah, Mick Schumacher Turun di Formula 1 2021

KOMENTAR