BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Honda Akui Beri Cal Crutchlow Opsi Kembali ke WorldSBK

14-07-2020 08:40 | Anindhya Danartikanya

Pebalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow (c) LCR Honda Pebalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow (c) LCR Honda

Bola.net - Manajer Tim Repsol Honda, Alberto Puig, menyatakan bahwa Honda Racing Corporation (HRC) telah menawarkan opsi kepada Cal Crutchlow untuk kembali ke WorldSBK 2021 bersama tim pabrikan yang baru dibentuk tahun ini, Team HRC. Hal ini ia sampaikan via WorldSBK.com, Senin (13/7/2020).

Terdepaknya Crutchlow dari LCR Honda akhir tahun nanti adalah efek domino dari kedatangan Pol Espargaro ke Repsol Honda. Kehadiran Espargaro memaksa Alex Marquez keluar dari tim tersebut, dan HRC memutuskan meletakkan dua kali juara dunia itu di LCR pada 2021 dan 2022.

Sebelum pengumuman dari HRC dirilis, Crutchlow telah mengonfirmasi kepergiannya dari LCR pekan lalu, dan blak-blakan mengaku tengah bernegosiasi serius dengan Aprilia Racing. Di lain sisi, ia juga menegaskan tak mau kembali ke WorldSBK meski telah mendapatkan tawaran.

1 dari 3 halaman

Andai Saja Punya Banyak Motor

Kala itu, Crutchlow ogah menyebut tim yang menawarkan tempat, namun kini Puig menyatakan tawaran itu dari HRC. Seperti diketahui, dengan motor Fireblade CBR1000RR-R, HRC memang telah menurunkan tim pabrikan di WorldSBK dengan dukungan tim terbaik mulai 2020.

Team HRC pun tengah digawangi oleh eks rider MotoGP sekaligus runner up WorldSBK 2019, Alvaro Bautista. Ia bertandem dengan rider kawakan, Leon Haslam. Dalam balapan di Australia awal Maret lalu, mereka belum menang, namun performanya cukup menjanjikan.

"Andai saja kami punya lebih banyak motor (di MotoGP). Jika punya pebalap seperti Cal, pasti Anda tak mau bilang padanya bahwa tak ada motor yang tersedia. Beberapa tahun terakhir, Cal bekerja fantastis untuk Honda dan LCR. Ia mengerahkan segalanya demi mengembangkan motor kami," ujar Puig.

2 dari 3 halaman

Selalu Ada Tempat untuk Cal Crutchlow

Dalam wawancara tersebut, Puig juga mengaku berharap Crutchlow tak mendadak gantung helm akhir musim nanti. Ia ingin rider Inggris itu tetap balapan, entah di MotoGP atau WorldSBK. Jika Crutchlow memilih kembali ke WorldSBK, maka Team HRC siap menyambutnya.

"Seperti yang Anda tahu, kami kini punya tim di WorldSBK, dan selalu akan ada kesempatan bagi Cal jika ia ingin mempertimbangkan opsi ini. Kami punya motor baru, jadi target HRC di WorldSBK adalah merebut gelar dunia dalam waktu dekat," tutup Puig.

Crutchlow, yang merupakan juara WorldSSP 2009, naik ke WorldSBK 2010 bersama Yamaha. Ia duduk di peringkat 5 pada klasemen akhir pebalap, usai merebut 10 podium dan 3 kemenangan. Meski begitu, pada 2011, ia menerima tawaran ke MotoGP dari Monster Yamaha Tech 3.

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Rambut Valentino Rossi dari Masa ke Masa

KOMENTAR