BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Hindari Covid-19, Suzuki Satu-Satunya Tim MotoGP yang Tinggal di Qatar 5 Pekan

18-03-2021 11:18 | Anindhya Danartikanya

Joan Mir dan Suzuki Ecstar merayakan gelar dunia MotoGP 2020. (c) Suzuki Joan Mir dan Suzuki Ecstar merayakan gelar dunia MotoGP 2020. (c) Suzuki

Bola.net - Seperti diketahui, Dorna Sports menyarankan penghuni paddock MotoGP untuk tetap berada di dalam 'bubble' selama uji coba pramusim sampai seri kedua 2021 yang digelar di Sirkuit Losail, Qatar. Namun, nyatanya hanya Suzuki Ecstar yang mematuhi saran ini.

Uji coba pramusim MotoGP sendiri digelar di Losail pada 5-12 Maret lalu, dan dua pekan balap pertama akan digelar pada 26-28 Maret dan 2-4 April mendatang. Demi menghindari Covid-19, Dorna pun menyarankan seluruh peserta untuk tak meninggalkan Qatar, walau hukumnya tak wajib.

Meski begitu, dari seluruh peserta MotoGP, hanya Suzuki yang memilih tinggal selama lima pekan di Doha, termasuk kedua ridernya, Joan Mir dan Alex Rins, ketika para rival mereka pulang ke negara masing-masing. Perjuangan Suzuki untuk bertahan jauh dari keluarga dan kerabat ini pun patut diacungi jempol.

1 dari 3 halaman

Shinichi Sahara Merasa Bangga Timnya Kompak

Suzuki Ecstar memutuskan tinggal di Qatar selama lima pekan. (c) Suzuki Suzuki Ecstar memutuskan tinggal di Qatar selama lima pekan. (c) Suzuki

Lewat rilis resmi tim pada Rabu (17/3/2021), Suzuki pun menyatakan inisiatif ini diambil oleh sang Direktur Tim, Shinichi Sahara. Tanpa berbelit, seluruh anggota tim pun kompak sepakat untuk tinggal di Qatar selama lima pekan, dan takkan pulang sampai 5 April mendatang.

"Saya minta tim untuk mempertimbangkan bertahan di Qatar di antara uji coba dan balapan, demi menghindari risiko infeksi Covid-19 saat bepergian dan tinggal di rumah bersama teman dan keluarga. Mereka semua mengiyakan, termasuk Joan dan Alex, dan ini membuat saya sangat bangga," ujar Sahara.

"Saat saya diberitahu bahwa kami satu-satunya tim yang tinggal di Qatar, termasuk para rider, saya berpikir, 'Wow, aku harus bangga pada orang-orangku' dan mungkin kami sekali lagi menunjukkan bahwa kami merupakan tim paling kompak dalam menghadapi situasi sulit ini, sebagai kelompok dan keluarga yang kuat," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Joan Mir dan Alex Rins Tak Mau Santai di Rumah

Untuk membunuh rasa bosan menanti balapan pertama, Suzuki pun sudah menyusun berbagai kegiatan seru di dalam 'bubble' tanpa melupakan program latihan fisik Mir dan Rins. Mereka pun bertekad latihan gokart dan minibike bersama, begitu juga bersepeda, serta kegiatan-kegiatan yang bisa membuat struktur tim semakin akrab dan kompak.

"Saya putuskan tetap tinggal di Qatar sebagai bentuk tanggung jawab bagi diri sendiri dan orang lain. Saya ingin melindungi diri sendiri dan juga orang-orang yang saya cintai, begitu juga tim saya yang sudah berusaha keras memulai musim dengan cara terbaik. Saya rasa tak tepat berada di rumah bersama teman dan keluarga ketika tahu tim saya berkorban tinggal di Qatar. Kami pun beruntung menginap di hotel yang baik," ujar Mir.

Rins pun melempar komentar senada. "Kami putuskan tinggal di sini, karena cara ini bisa menciptakan 'bubble' sepenuhnya di mana seluruh kru Suzuki selalu bersama. Ini berarti kami lebih aman, dan juga bisa berpikir lebih tenang dalam menyambut balapan-balapan yang akan datang," ungkap pembalap Spanyol ini.

Sumber: Suzuki Racing

3 dari 3 halaman

Video: Dimas Ekky Ingin Mandalika Racing Team Jadi Batu Loncatan Rider Indonesia

KOMENTAR