Gresini Racing dan RNF Team Tentukan Tanggal Peluncuran Skuad MotoGP 2022

Anindhya Danartikanya | 17 Desember 2021, 16:35
Duet pembalap Gresini Racing, Enea Bastianini dan Fabio di Giannantonio. (c) Gresini Racing
Duet pembalap Gresini Racing, Enea Bastianini dan Fabio di Giannantonio. (c) Gresini Racing

Bola.net - MotoGP memang sedang menjalani masa rehat musim dingin 2021. Namun, para pabrikan tetap bekerja mengembangkan motor-motor terbaru, dan tim-tim peserta mulai mempersiapkan struktur yang solid menjelang musim 2022. Dua tim pun sudah mengumumkan tanggal peluncuran skuad anyar mereka.

Sejak 2019, MotoGP hanya menurunkan 11 tim dan 22 pembalap. Namun, seperti yang diketahui, MotoGP 2022 akan kembali diramaikan 12 tim dan 24 pembalap, yang terakhir kali terjadi pada 2018 akibat mundurnya Aspar Team pada tahun berikutnya.

Penambahan peserta ini terjadi berkat perpisahan antara Aprilia Racing dan Gresini Racing, yang tadinya melebur sejak 2015. Kini, Aprilia Racing menjadi tim pabrikan seutuhnya, sementara Gresini Racing kembali menjadi tim satelit seutuhnya pula.

1 dari 2 halaman

Gresini Luncurkan Skuad MotoGP, Moto2, dan MotoE

Pengumuman peluncuran skuad Gresini Racing di MotoGP 2022. (c) Gresini RacingPengumuman peluncuran skuad Gresini Racing di MotoGP 2022. (c) Gresini Racing

Selama menjadi tim satelit, Gresini Racing biasanya bekerja sama dengan Honda. Namun, kini mereka menggores sejarah baru dengan menjadi tim satelit Ducati. Tim yang bermarkas di Faenza, Italia, ini pun menjadi tim satelit ketiga Ducati musim ini.

Gresini Racing akan menaungi dua pembalap Italia pula, yakni juara dunia Moto2 2020, Enea Bastianini, yang akan menjalani musim kedua di MotoGP, dan Fabio di Giannantonio yang berstatus debutan. Uniknya, 'Bestia' dan 'Diggia' juga pernah menjadi tandem di Gresini Moto3 pada 2015 dan 2016.

Lewat Instagram Story, Gresini Racing pun mengumumkan bahwa peluncuran skuad mereka digelar pada 15 Januari 2022. Tak hanya tim MotoGP yang diluncurkan, melainkan juga skuad Moto2 yang menaungi Alessandro Zaccone dan Filip Salac, serta MotoE yang menaungi Matteo Ferrari dan Alessio Finello. Fans bisa menontonnya secara langsung lewat Facebook dan YouTube.

2 dari 2 halaman

RNF Team Bakal Perkenalkan Dovizioso-Binder

Matteo Ballarin, Darryn Binder, Razlan Razali, Andrea Dovizioso, dan Lin Jarvis (c) MotoGP.com

Matteo Ballarin, Darryn Binder, Razlan Razali, Andrea Dovizioso, dan Lin Jarvis (c) MotoGP.com

Selain Gresini Racing, WithU Yamaha RNF MotoGP Team juga telah menentukan tanggal peluncuran skuad, demikian yang dilaporkan Corsedimoto pada Kamis (16/12/2021). Tim yang tadinya bernama Petronas Yamaha SRT ini akan meresmikan skuad mereka di Verona, Italia, pada 24 Januari 2022.

Tim satelit Yamaha ini akan menurunkan tiga kali runner up MotoGP sekaligus juara dunia GP125 2004, Andrea Dovizioso, yang ditandemkan dengan Darryn Binder. Binder merupakan debutan kontroversial, karena mengikuti jejak Jack Miller yang melompat langsung dari Moto3 ke MotoGP pada 2015 lalu.

Seluruh pembalap MotoGP pun akan turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sepang, Malaysia, pada Februari mendatang. Uji coba shakedown untuk para test rider dan debutan akan digelar pada 31 Januari-2 Februari, dan mereka akan disusul oleh pembalap MotoGP lainnya pada 5-6 Februari.

Sumber: Gresini Racing, Corsedimoto

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR