BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Gresini Kembali Jadi Tim Independen, Tanda Aprilia Jadi Tim Pabrikan di MotoGP 2022

14-12-2020 18:00 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia

Bola.net - Gresini Racing menyatakan bahwa mereka telah tanda tangan kontrak berdurasi lima tahun dengan Asosiasi Tim Balap Internasional (IRTA) dan Dorna Sports untuk berkompetisi di MotoGP sampai 2026. Hal ini mereka umumkan lewat rilis resmi tim, Senin (14/12/2020).

Gresini Racing, yang dipimpin oleh eks pembalap Grand Prix, Fausto Gresini, telah turun di kelas para raja sejak GP500 1997, dan sejauh ini sukses meraih 41 podium, 14 kemenangan, dan tiga kali jadi runner up. Saat ini, mereka juga menurunkan tim di Moto2, Moto3, dan MotoE.

Meski begitu, Gresini juga mengumumkan bahwa mulai 2022 mendatang, mereka akan kembali berstatus sebagai tim independen seutuhnya, melepaskan kolaborasi dengan Aprilia Racing yang dijalin sejak 2015 lalu, yakni saat pabrikan asal Noale, Italia, itu kembali ke MotoGP.

1 dari 3 halaman

Dirumorkan Jadi Tim Satelit Aprilia

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia

Pada 2015, Aprilia memang kembali berlaga di kelas para raja, namun biaya balap yang minim membuat mereka memutuskan melebur dengan Gresini. Gresini bertugas mengatur struktur dan logistik tim, sementara Aprilia menyediakan dukungan teknis langsung dari pabrikan.

Meski Aprilia Racing Team Gresini selama ini dianggap sebagai 'tim pabrikan', namun status partisipasi mereka di MotoGP selama ini dinyatakan sebagai 'tim independen'. Pada 2022, Gresini pun kembali menjadi tim independen alias tim satelit sepenuhnya.

Ini seolah juga merupakan sinyal bahwa Aprilia Racing akan berubah menjadi tim pabrikan seutuhnya, sementara Gresini akan menjadi tim satelitnya. Tanda ini bahkan sudah terlihat dari keputusan Gresini menggaet Fabio di Giannantonio untuk MotoGP 2022.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Fausto Gresini

"Kami dengan bahagia mengumumkan kesepakatan kami dengan IRTA, yang akan membuat kami turun di MotoGP selama lima tahun lagi terhitung sejak 2022.

"Kami takkan mewakili Aprilia lagi sebagai tim pabrikan, jadi kami akan terus berlaga sebagai Tim Independen, tetap dengan ambisi dan komitmen yang sama.

"Ada banyak pekerjaan dan hal yang harus dibicarakan. Jelas kami sudah bekerja dalam proyek yang besar ini, dan kami akan merilis detailnya secara bertahap."

Sumber: Gresini Racing

3 dari 3 halaman

Video: Ikut Jejak Ayah, Mick Schumacher Turun di Formula 1 2021

KOMENTAR