Giacomo Agostini: Marc Marquez Lebih Hebat dari Saya!

Anindhya Danartikanya | 8 Oktober 2019, 11:15
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Bola.net - Legenda MotoGP sekaligus 15 kali juara dunia, Giacomo Agostini, mengaku ikut senang melihat pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, berhasil mengunci gelar dunianya yang kedelapan usai meraih kemenangan di Sirkuit Buriram, Thailand, pada Minggu (6/10/2019).


Kurang satu gelar lagi, Marquez akan menyamai rekor Carlo Ubbiali, Mike Hailwood, dan Valentino Rossi. Hanya dua rider yang meraih gelar lebih banyak, yakni Agostini sendiri, dan mendiang legenda MotoGP asal Spanyol, Angel Nieto, yang punya 13 gelar dunia.

Dengan 8 gelar dunia ini pula, Marquez berarti telah meraih 6 gelar di kelas tertinggi (GP500/MotoGP). Hanya ada dua rider yang punya koleksi lebih banyak, yakni Agostini, dengan 8 gelar, dan Rossi dengan 7 gelar. Agostini pun mengaku takkan kaget bila rekornya suatu saat nanti dipatahkan oleh Marquez.

1 dari 2 halaman

Marquez Masih Punya Banyak Waktu

"Mungkin Marc bahkan lebih baik dari saya, karena masih sangat muda dan sudah menang banyak dalam usia 26 tahun. Ia punya karier panjang dan masih punya banyak waktu. Saya rasa ia ada di jalan yang benar," ungkap pria asal Italia ini kepada Marca.

Pria berusia 77 tahun ini pun meyakini Marquez bakal tetap berjaya dan mendominasi MotoGP sampai beberapa tahun mendatang. "Jelas ia bisa meraih lebih banyak kemenangan, karena masih ada banyak musim yang bisa ia juarai," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Dulu Harus Izin Orang Tua

Dalam usia 26 tahun, Agostini masih dalam perjalanan menuju gelar dunia ketiga dan keempat, karena ia turun di kelas GP350 dan GP500 pada tahun yang sama.

Atas alasan ini, Agostini yakin Marquez bisa lebih berkuasa lagi. "Kala itu situasinya berbeda. Saya belum bisa turun lintasan sampai usia 19 tahun. Kala itu kami butuh izin dari orang tua," pungkasnya.

Marquez akan kembali turun lintasan dalam MotoGP Jepang pada 18-20 Oktober mendatang, yang akan digelar di sirkuit milik Honda, Twin Ring Motegi.

Sumber: Marca

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR