Gegar Otak, Marc Marquez Absen dari Balapan MotoGP Mandalika 2022

Anindhya Danartikanya | 20 Maret 2022, 13:20
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, dipastikan absen dari balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (20/3/2022), akibat gegar otak. Seperti yang diketahui, ia mengalami kecelakaan hebat dalam sesi pemanasan (WUP).


Marquez sejatinya tampil cukup kompetitif selama berlaga di Mandalika, namun ia terlihat sangat ngotot di tiap sesi. Total, ia mengoleksi empat kecelakaan selama tiga hari di Mandalika, yakni satu di sesi latihan bebas kedua (FP2), dua di sesi Kualifikasi 1 (Q1), dan satu di WUP.

Tak hanya itu, Marquez juga melakukan lima kali aksi 'save' tanda ia nyaris terjatuh, yakni satu di FP2, dua di FP4, satu di Q1, dan satu lagi di WUP. Namun, insiden yang paling parah adalah kecelakaan yang terjadi di Tikungan 7 di sesi WUP pada Minggu pagi.

1 dari 2 halaman

Sempat Terlihat Linglung

Marc Marquez terjatuh keras di Tikungan 7 dalam sesi pemanasan MotoGP Mandalika 2022. (c) Dorna Sports

Marc Marquez terjatuh keras di Tikungan 7 dalam sesi pemanasan MotoGP Mandalika 2022. (c) Dorna Sports

Marquez sedang berada di posisi kedua saat sesi WUP menyisakan dua menit. Namun, ban belakangnya selip ketika ia masuk ke Tikungan 7. Delapan kali juara dunia ini terlihat berusaha menyeimbangkan motornya, namun justru terlempar ke udara.

Tubuh Marquez kemudian terjatuh keras ke aspal, dan motor RC213V miliknya rusak parah. Rider berusia 29 tahun itu bangkit, namun terlihat linglung. Didampingi petugas medis, ia kemudian dibawa ke Medical Center.

2 dari 2 halaman

Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit di Mataram

Tak lama kemudian, akun Twitter MotoGP mengumumkan bahwa Marquez dilarikan ke rumah sakit di Mataram dengan menggunakan helikopter untuk pemeriksaan lebih detail.

Usai balapan Moto2 selesai pada pukul 13.15 WIB atau 14.15 WITA, MotoGP pun mengumumkan bahwa Marquez dipastikan tidak bugar untuk turun dalam balapan.

"#93 Marc Marquez dideklarasikan tidak bugar untuk GP Indonesia akibat gegar otak yang ia alami dalam sesi pemanasan," demikian bunyi pengumuman MotoGP.

Sumber: MotoGP

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR