BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Gaya Balap Mirip, Quartararo Ingin Lihat Data Lorenzo

09-12-2019 11:20 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Bola.net - Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, tertarik membaca data telemetri Jorge Lorenzo selama membela Yamaha, ketika makin menyadari gaya balap mereka cukup mirip. Hal ini ia sampaikan via Motorsport Total.

Quartararo menjalani debut MotoGP pada 2019 dan langsung menggebrak lewat 7 podium dan 6 pole, serta beberapa kali memperebutkan kemenangan. Selain itu, ia juga meraih gelar debutan dan rider independen terbaik.

Banyak pihak menilai bahwa gebrakan El Diablo ini berkat gaya balapnya yang halus, mirip dengan Lorenzo yang selama membela Yamaha sukses meraih tiga gelar dunia, 44 kemenangan dan 40 pole.

1 dari 2 halaman

Ingin Bandingkan Performa

Jorge Lorenzo saat masih membela Yamaha (c) AFP Jorge Lorenzo saat masih membela Yamaha (c) AFP

"Kami hanya dapat data dari tahun ini, tapi saya tertarik untuk melihat data Jorge. Hanya untuk membandingkan dan melihat di mana ia mengerem, bagaimana caranya mempertahankan ritme di tikungan," tutur Quartararo.

Quartararo pun mengaku bahwa Lorenzo memang salah satu panutannya sejak masih belia, dan mengaku takjub melihat performa Lorenzo saat ia sendiri masih turun di Moto3 2015-2016 dan Moto2 2017-2018.

"Ia jelas merupakan panutan berkat gaya balapnya yang halus. Saya ingat ketika saya masih lebih muda dan turun di kelas yang lebih ringan, saya melihatnya melaju sangat cepat," ungkap pebalap berusia 20 tahun ini.

2 dari 2 halaman

Terbantu Karakter YZR-M1

Di lain sisi, Quartararo juga mengakui dirinya cukup terbantu oleh karakter motor YZR-M1 yang memang dikenal bersahabat dengan berbagai jenis gaya balap, hingga memudahkan para debutan Yamaha beradaptasi.

"Saya hanya duduk di atas motor dan mencoba melaju secepat mungkin. Secara alami, gaya balap saya memang halus, tapi saya juga bisa agresif dengan motor ini, meski tadinya saya juga tak benar-benar agresif," pungkasnya.

Quartararo dan para rider MotoGP lainnya akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 2-4 (shakedown) dan 7-9 Februari.

KOMENTAR

Bermain Seri, Arsenal Jadi Juara Grup Liga Europa