BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Garrett Gerloff Gantikan Franco Morbidelli di MotoGP Assen

24-06-2021 08:22 | Anindhya Danartikanya

Pembalap GRT Yamaha WorldSBK, Garrett Gerloff (c) Facebook/GRT Yamaha WorldSBK
Pembalap GRT Yamaha WorldSBK, Garrett Gerloff (c) Facebook/GRT Yamaha WorldSBK

Bola.net - Pembalap GRT Yamaha WorldSBK, Garrett Gerloff, kembali mendapatkan panggilan untuk tampil di MotoGP. Rider Amerika Serikat ini akan membela Petronas Yamaha SRT di Seri Assen, Belanda, 25-27 Juni, jadi pengganti sementara Franco Morbidelli yang cedera lutut kiri akibat latihan di Tavullia, Italia, pada Selasa (22/5/2021) lalu.

Morbidelli sudah bergelut dengan cedera ini sejak pertengahan 2015 akibat patah kaki, yang membuatnya ligamennya terkilir dan ia harus absen dari banyak balapan di Moto2. Dalam diam, ia ternyata terus mengalami kesulitan pada lututnya dan masih menjalani perawatan hingga enam tahun berselang.

Namun, cedera ini terendus ketika ia jatuh di pitlane saat ganti motor dalam simulasi flag-to-flag MotoGP Le Mans. Tersungkur, 'Franky' sulit bangkit hingga harus dibopong para mekanik. Usai insiden, Morbidelli mengaku kondisi lututnya memburuk akibat kecelakaan lagi dalam latihan motor di Tavullia pada musim dingin awal tahun ini.

1 dari 3 halaman

Garrett Gerloff Pernah Jadi Cadangan Valentino Rossi

Garrett Gerloff di MotoGP Valencia 2019 (c) Yamaha
Garrett Gerloff di MotoGP Valencia 2019 (c) Yamaha

Insiden latihan itu pun merusak meniskusnya. Morbidelli mengaku cara terbaik mengatasi cedera ini adalah operasi, namun pemulihan yang sangat panjang membuatnya urung, dan lebih memilih untuk menjalani fisioterapis secara rutin ketimbang absen panjang dari MotoGP.

Sayang, usai menjalani pekan balap MotoGP Sachsenring, Jerman, akhir pekan lalu, Morbidelli ternyata pulang ke Tavullia untuk latihan motor dan mengalami kecelakaan lagi. Lututnya kembali sakit dan ia pun harus absen dari Assen dan digantikan oleh Gerloff, yang akhirnya akan menjalani debut di MotoGP.

Gerloff sendiri sempat dipanggil untuk jadi rider cadangan Valentino Rossi di Seri Valencia tahun lalu, saat Monster Energy Yamaha menanti hasil negatif Covid-19 dari The Doctor. Gerloff sempat turun di sesi latihan pertama dan kedua, namun Rossi yang sudah pulih mengambil alih perannya di sisa pekan balap.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Garrett Gerloff dan Team Principal SRT, Razlan Razali

Pernyataan Garrett Gerloff:

"Saya sangat bersemangat atas kesempatan yang saya dapat, saya bukanlah seseorang yang suka melarikan diri dari tantangan, jadi saya siap untuk turun lintasan. Ini bakal jadi sirkuit baru bagi saya, saya suka menjajal trek-trek baru, tampaknya menyenangkan, cepat, dan mengalir, serta sangat cocok dengan gaya balap saya.

"Saya sudah tak sabar kembali mengendarai Yamaha M1 lagi dan gaspol. Kami akan lihat nanti bagaimana jalannya situasi, namun saya merasa oke dan ingin berterima kasih kepada Yamaha dan tim yang telah mempertimbangkan saya. Ini takkan mudah, namun saya akan memberikan yang terbaik!"

Pernyataan Razlan Razali:

"Semua orang harus bergerak sangat cepat usai kabar kemarin bahwa Franco tak bisa balapan akhir pekan ini, dan kami berterima kasih kepada Yamaha yang sudah memfasilitasi ini.

"Kami sangat bersemangat menyambut Garrett di tim kami akhir pekan ini dan sadar bahwa ini tugas berat karena pemberitahuannya datang di menit-menit terakhir, namun kami yakin ia bisa bekerja dengan baik. Kami mendoakan Franco pemulihan terbaik dan berharap bisa menyambutnya kembali di trek usai musim panas."

Sumber: Petronas Yamaha SRT

3 dari 3 halaman

Video: Sujud Syukur Marc Marquez Usai Menangi MotoGP Sachsenring

KOMENTAR