BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Gara-Gara Fabio Quartararo, Jack Miller Menolak 'Shoey' di Podium MotoGP

07-05-2021 12:14 | Anindhya Danartikanya

Selebrasi Jack Miller usai menang di MotoGP Jerez 2021 (kiri) dan usai podium di MotoGP Australia 2019 (kanan). (c) MotoGP.com, Pramac Racing
Selebrasi Jack Miller usai menang di MotoGP Jerez 2021 (kiri) dan usai podium di MotoGP Australia 2019 (kanan). (c) MotoGP.com, Pramac Racing

Bola.net - Penggemar Jack Miller dibuat sedikit kecewa usai pembalap Ducati Lenovo Team tersebut tak melakukan selebrasi 'shoey' setelah merebut kemenangan di MotoGP Jerez, Spanyol, Minggu (2/5/2021). Lewat MotoGP.com, Miller pun membeberkan alasannya, dan ternyata semua ini gara-gara Fabio Quartararo.

Seperti diketahui, shoey adalah gestur meminum sampanye dari sepatu yang merupakan tradisi orang Australia dalam merayakan sesuatu. Dalam dunia balap, selebrasi ini lebih populer dilakukan oleh pembalap Formula 1, Daniel Ricciardo, tiap kali naik podium.

Tapi jika dirunut, yang sejatinya mempelopori shoey di dunia balap justru Miller sendiri, usai memenangi MotoGP Belanda di Sirkuit Assen pada 2016. Melihat aksi Miller ini, Ricciardo pun melakukannya juga beberapa pekan setelahnya, saat menang di F1 GP Hockenheim, Jerman.

Kala itu, Miller dan Ricciardo yang juga berteman baik ini memang sudah berjanji melakukan shoey untuk The Mad Hueys, kelompok pecinta kegiatan memancing di Australia. Kini, setiap kali keduanya naik podium, tak sedikit orang yang meminta mereka untuk melakukan shoey.

1 dari 3 halaman

Pernyataan 'Kontroversial' Fabio Quartararo

Dalam jumpa pers pre-event di Jerez, Kamis (29/5/2021), Quartararo pun mengaku menyukai selebrasi shoey ini, namun ia hanya menyebut bahwa Ricciardo lah yang biasa melakukannya. Rider Prancis ini justru melupakan bahwa Miller, sahabatnya sendiri, adalah pelopor shoey di dunia balap.

"Saya suka selebrasi saya di Portugal (menirukan selebrasi Cristiano Ronaldo). Tapi ada banyak gaya selebrasi dari berbagai cabang olahraga di dunia. Namun, saya suka gaya selebrasi kawan baik saya, Daniel Ricciardo, yang minum sampanye dari bot dan membagikannya dengan semua orang," tuturnya.

Pernyataan El Diablo ini pun tentu jadi topik hangat di kalangan fans The Thriller. Akun meme Miller yang tersohor, @DiosMillerAus, bahkan tak ketinggalan membuat lelucon soal ini dan menyebut bahwa ini adalah awal dari keretakan hubungan pertemanan antara Miller dan Quartararo.

2 dari 3 halaman

Jadi Meme, Jack Miller Tekad Cari Selebrasi Lain

Jack Miller usai memenangi MotoGP Belanda 2016. (c) Marc VDS
Jack Miller usai memenangi MotoGP Belanda 2016. (c) Marc VDS

Benar saja, usai merebut kemenangan di Jerez akhir pekan lalu, aksi shoey Miller yang ditunggu-tunggu di podium benar-benar tak terjadi. Saat ditanya oleh Direktur Departemen Komunikasi Dorna, Ignacio Sagnier, mengapa dirinya tak melakukan shoey seperti biasa, Miller pun memberikan jawaban unik.

"Apakah kau tak dengar apa yang dikatakan Fabio di jumpa pers? Menurutnya, Daniel Ricciardo yang melakukannya. Jadi, aku tak mau melakukannya lagi," ungkap Miller sembari tertawa. Dalam jumpa pers usai balap, ia juga mengulang pernyataan serupa ketika ditanya soal hal ini.

"Saya tak melakukan shoey. Jika Anda mendengar apa yang dikatakan Fabio, menurutnya Daniel lah yang memelopori shoey. Jadi, saya biarkan saja Daniel yang melakukannya mulai sekarang. Saya akan menemukan gaya selebrasi lain suatu saat nanti," pungkas Miller sembari terbahak.

Sumber: MotoGP

3 dari 3 halaman

Video: Kebakaran Besar di Sirkuit MotoGP Argentina

KOMENTAR