BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Gara-Gara Acosta-Garcia, KTM Kembali Pertimbangkan Tim Ketiga di MotoGP

15-10-2021 11:07 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (c) AP Photo
Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (c) AP Photo

Bola.net - Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer, menyatakan pihaknya kembali membuka kans untuk menurunkan tim ketiga di MotoGP suatu saat nanti. Hal ini ia sampaikan kepada Speedweek, Selasa (12/10/2021), usai melihat garangnya performa Pedro Acosta dan Sergio Garcia di Moto3 musim ini.

Saat ini, KTM hanya punya dua tim di MotoGP, yakni Red Bull KTM dan Tech 3 KTM. Musim depan, skuad mereka bertambah garang, karena tim pabrikan bakal tetap diisi Brad Binder dan Miguel Oliveira, dan tim satelit akan kedatangan dua rider teratas Moto2 2021, yakni Remy Gardner dan Raul Fernandez.

Pada 2022 pula, Acosta yang kini jadi kandidat juara dunia Moto3 akan naik ke Moto2 bersama Red Bull KTM Ajo. Garcia, yang kini membela GASGAS Aspar Team dan jadi rival kuat Acosta, masih berada di bawah naungan KTM, dan pabrikan asal Austria itu tak ingin melepasnya ke pabrikan lain.

1 dari 2 halaman

Sempat Tertarik Gaet LCR Team

Pembalap Aspar Team, Sergio Garcia (c) Aspar Team
Pembalap Aspar Team, Sergio Garcia (c) Aspar Team

Beirer mengakui, niatan KTM terus menaungi Acosta dan Garcia juga bisa bikin rumit proyek MotoGP KTM. Atas alasan ini, ia ingin membentuk tim ketiga saat keduanya cukup umur ke kelas tertinggi. Namun, saat ini ia belum mencari partner, meski sempat tertarik pada LCR Team yang dimanajeri Lucio Cecchinello.

"Kami punya begitu banyak talenta di dua kelas teringan Grand Prix. Jadi, ada kemungkinan terjadi peristiwa 'leher botol' di MotoGP. Dua tahun lalu, kami negosiasi dengan Lucio, namun tampaknya ia sangat setia sebagai partner Honda. Itulah alasan kami tak pernah menjalani obrolan yang mendalam," tuturnya.

Meski begitu, Beirer kembali menegaskan bahwa tim ketiga bukanlah proyek prioritas KTM saat ini. Apalagi mereka kembali mengalami penurunan performa dalam beberapa balapan terakhir, meski sempat menang lewat Oliveira di Catalunya dan Binder di Austria.

2 dari 2 halaman

Ducati Turunkan 4 Tim di MotoGP 2022

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) AP Photo
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) AP Photo

"Sekalinya kami dapat sensasi bahwa kedua tim kami bisa stabil, dan performa motor kami tepat, kami sangat menginginkan tim MotoGP ketiga. Namun, saya takkan membutuhkannya selama kedua tim kami start dari dua baris terbuncit, seperti di Misano," lanjut eks pembalap motocross tersebut.

Seperti yang diketahui, Dorna Sport ingin tiap pabrikan MotoGP hanya punya dua tim. Namun, mengingat finansial pabrikan dan performa motor yang ada di grid belum sama rata, maka Ducati diizinkan menyuplai Gresini dan Avintia/VR46. Beirer pun tak menutup kemungkinan KTM akan mengikuti jejak Ducati.

"Kami belum aktif cari partner dalam beberapa tahun terakhir, karena Dorna ingin tiap pabrikan punya dua tim saja. Namun, tahun depan Ducati punya empat tim dan kami hanya punya dua. Kami rasa ada misinformasi. Jelas ada kuasa tertentu ketika Anda punya empat tim dan menyuplai motor yang sama kepada sepertiga isi grid," tutupnya.

Sumber: Speedweek

KOMENTAR