Gantikan Cadalora, Inilah Sosok Pelatih Baru Valentino Rossi

Anindhya Danartikanya | 31 Januari 2019, 09:55
Valentino Rossi (c) AFP
Valentino Rossi (c) AFP

Bola.net - - Usai tiga kali juara dunia, Luca Cadalora, memutuskan untuk berhenti menjadi pelatih balap Valentino Rossi pada akhir musim lalu, sosok penggantinya pun segera diburu. Tampaknya, The Doctor kini telah menemukan orang yang tepat, demikian yang dilansir GPOne.

Cadalora telah menjadi pelatih balap atau riding coach Rossi sejak awal MotoGP 2016, usai keduanya kerap berlatih bersama di atas motor YZF-R1 di Sirkuit Misano, San Marino. Cadalora bahkan secara resmi menyandang jabatan analis performa rider di Yamaha Factory Racing.

Meski begitu, pria berusia 55 tahun tersebut akhirnya memutuskan untuk tak lagi bekerja sama dengan Rossi, dengan alasan ingin lebih sering menghabiskan waktu bersama keluarga, serta menjalani berbagai hobi yang ia gemari sejak pensiun dari dunia balap motor pada 2000 silam.

1 dari 2 halaman

Comot Pelatih VR46 Academy

Dennis Foggia dan Idalio Gavira (c) GPOne

Dennis Foggia dan Idalio Gavira (c) GPOne

Sosok pengganti Cadalora adalah Idalio Gavira, yang selama ini juga menjabat sebagai pelatih balap di akademi balap Rossi, VR46 Riders Academy. Selain memperhatikan perkembangan anak-anak didik Rossi di Italia, ia juga hadir di sirkuit-sirkuit balap untuk mendampingi para rider Sky Racing VR46 di Moto2 dan Moto3.

Gavira bahkan telah mendampingi Rossi sejak uji coba pascamusim Jerez, Spanyol pada November lalu, dan akan melanjutkan peran ini sepanjang musim 2019. Posisi Gavira di VR46 Riders Academy pun dikabarkan bakal diisi oleh juara dunia GP125 2000, Roberto Locatelli, yang belakangan ini menjadi komentator balap di Italia.

2 dari 2 halaman

Vinales Juga Ganti Pelatih

Tak hanya Rossi yang ganti pelatih balap, melainkan juga tandemnya. Maverick Vinales memutuskan untuk bekerja sama dengan juara dunia GP125 2009, Julian 'Julito' Simon, yang sempat menjadi tandem latihan Tito Rabat semasa membela EG 0,0 Marc VDS Honda pada 2016-2017.

Kolaborasi antara Vinales dan Simon terbentuk setelah sang pelatih balap sebelumnya, Wilco Zeelenberg meninggalkan Yamaha Factory Racing, demi menjabat sebagai Manajer Tim Petronas Yamaha SRT.

Rossi dan Vinales akan hadir dalam acara peluncuran tim di Jakarta pada 4 Februari mendatang, kemudian turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 6-8 Februari.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR